Selasa, 28 Oktober 2025

DIBENARKAN OLEH KARENA IMAN-Galatia 3

Shalom.... 
Firman Tuhan untuk kita. 
Galatia 3 : 9
Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.
Galatia 3 : 11
Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman."
Galatia 3 : 13
Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"

Saudara saudari, Pada dua pasal kitab Galatia sebelumnya dapat kita pahami bahwa Rasul Paulus menyatakan sikap dan pandangannya terhadap kebenaran Injil serta dasar-dasar iman. Maka dalam pasal tiga dan empat ini Paulus menggunakan argumentasi dari pengalaman iman jemaat Galatia sendiri dan dari ajaran Alkitab Perjanjian Lama. 

Rasul Paulus telah menegur jemaat Galatia dengan keras agar tidak membiarkan diri diperdaya oleh ajaran-ajaran yang salah tentang Taurat sehingga mereka berpaling dari kebenaran Injil. Argumentasi Paulus jelas :
1. Yesus Kristus yang tersalib telah disampaikan dengan jelas kepada mereka. Ini mencakup inti Injil itu sendiri: sebab dan tujuan kematian-Nya, kehendak Allah yang mendasarinya, serta kebangkitan-Nya (ayat 1; lihat 1:1-4). 
2. Dengan pertanyaan retoris Paulus yang menegaskan bahwa umat Kristen di Galatia telah menerima Roh Kudus karena mereka percaya pada Injil, bukan karena mereka memberlakukan Taurat dalam hidup mereka (ayat 2). 
3. Karena iman umat Kristen di Galatia telah menyaksikan mukjizat (yang dilakukan oleh Rasul Paulus) sebagai tanda kuasa Injil (ayat 5; bdk. Ibr. 2:4; Rm. 15:18-19; 2Kor. 12:12).

 Pengalaman jemaat Galatia sungguh jelas: mereka telah diselamatkan melalui karya Yesus Kristus di kayu Salib oleh pekerjaan Roh Kudus. Maka berpaling dari Injil berarti "telah memulai dengan Roh dan mengakhirinya di dalam daging"(ayat 3). Hal ini adalah suatu langkah surut, dan suatu kesia-siaan (ayat 4). 

Rasul Paulus mengingatkan bahwa Abraham menerima berkat karena beriman terhadap janji Tuhan. Artinya, perbuatan Abraham bukanlah faktor utamanya, melainkan imannya yang mendasari tindakan itu yang utama. Keturunan Abraham menerima janji berkat yang sama jika bersedia beriman. Orang-orang yang secara lahiriah bukan keturunan Abraham pun bisa menerima berkat yang sama asalkan beriman seperti Abraham karena kehadiran Kristus telah memungkinkan hal itu.

Sebagai orang Kristen, apakah kita pernah merasa bahwa berkat Tuhan semata-mata untuk kita? Pernahkah kita berpikir bahwa berkat tersebut juga harus dibagikan kepada orang lain? Mari kita becermin kepada nasihat Paulus dalam perikop ini. Iman telah membuat kita menerima berkat. Berkat itu harus berlanjut sehingga orang-orang di sekitar kita pun bisa merasakan berkat tersebut.

Sungguh, Tuhan Yesus menggantikan kita menanggung hukuman dosa supaya kita dibenarkan di dalam Dia. Dengan iman kepada Kristus, kita menerima pembenaran atas diri kita. Jadi bukan karena kemampuan kita, kita dapat dibenarkan. Hanya karena anugerah Allah di dalam Kristus saja maka kita dibenarkan-Nya. Inilah iman yang menyelamatkan! Hindarilah kebodohan seperti yang dilakukan oleh jemaat di Galatia!

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita semua. Amin 🙏

Jumat, 24 Oktober 2025

Allah tempat perlindungan yang kekal - Mazmur 90

Shalom... 
Firman Allah untuk kita. 
Mazmur 90 : 12
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.
Mazmur 90 : 13
Kembalilah, ya TUHAN--berapa lama lagi? --dan sayangilah hamba-hamba-Mu!
Mazmur 90 : 14
Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami.
Mazmur 90 : 17
Kiranya kemurahan Tuhan, Allah kami, atas kami, dan teguhkanlah perbuatan tangan kami, ya, perbuatan tangan kami, teguhkanlah itu.

Saudara saudari, Mazmur hari ini juga berbicara tentang menghitung hari hari. Menghitung hari hari bukan agar hari-hari segera selesai-lewat, tetapi supaya setiap orang memiliki hati yang bijaksana (ayat 12). Dalam bacaan Mazmur doa Musa ini dapat kita lihat bahwa pada bagian pertama, Pemazmur mengakui bahwa Allah, sebagai pribadi yang menjadi sumber ketenangan "rumahnya" Tempat perteduhan turun temurun (ayat 1-2). Ia melihat keamanan dirinya bukan karena memiliki suatu tempat, tetapi karena memiliki hubungan yang baik dengan Allah. Namun demikian, di dalam bagian kedua, pemazmur juga merenungkan mengenai kesementaraan hidup manusia di dunia. Ia memakai ungkapan "debu" dan "rumput" untuk menggambarkan hubungan yang sebenarnya, antara Sang Pencipta yang begitu perkasa dan dirinya yang begitu lemah (ayat 3-6). Perenungannya ini juga berbicara mengenai kesalahan yang dilakukan oleh manusia di hadapan Allah (ayat 7-11). 

Itulah sebabnya pemazmur meminta pada Allah agar dia diberikan kesadaran akan kesementaraannya, sehingga ia selalu ingin memiliki hati yang berhikmat dan hidup yang bermakna. "Hikmat" tidak berarti sekadar kecerdasan di dalam menjalani kehidupan, tetapi lebih mengacu pada takut akan Allah dan pengakuan atas kendali-Nya di dalam kehidupan. Dengan mengakui dan mengenal kehendak Allah dalam kehidupan, barulah hidup yang sulit dan singkat itu berarti. 

Oleh sebab itu, sebagai utusan Allah Musa menyadari akan perlindungan Allah dan Ia mengajarkan bahwa setiap orang menjadi mawas diri terlebih harus mau merenungkan hal-hal prinsip yang harus kita hayati dalam tiap tiap saat. Prinsip tersebut adalah pekerjaan Iman yang menuntut kita untuk : 
1. Menempatkan Allah sebagai tempat perlindungan umat untuk selama-lamanya (ayat 1-2). 
2. Menyadari bahwa Kekekalan Allah akan membangkitkan kesadaran tentang kefanaan dan keterbatasan umat, sebaliknya kefanaan dan keterbatasan umat akan membangkitkan kesadaran bahwa setiap orang mutlak memerlukan Allah (ayat 3-6). 
3. Menjadikan Hidup yang singkat ini menuju pada satu tujuan yang penuh bermakna sebagaimana hidup orang orang tebusan Allah (hidup untuk Allah). 

Untuk itu, setiap orang percaya di harapkan agar tahu bagaimana mengisi hidupnya dengan hal-hal yang bermakna kekal (ayat 12), dengan memohon topangan kasih setia dari Allah secara terus-menerus dalam sepanjang kehidupannya (ayat 13-17), serta mengakui kelemahan diri di hadapan Allah. Sebab tanpa Tuhan, hidup seseorang dapat dipastikan tidak akan memiliki arti. 

Dalam kedaulatan dan kekuasaan-Nya, Allah sedang dan akan tetap berkenan menjadi tempat perlindungan bagi setiap anak-anak-Nya. Ingatlah bahwa Allah akan selalu setia menopang hidup kita. Pemeliharaan-Nya sempurna dalam hidup kita. Maka marilah meminta hikmat kepada Allah agar Ia menjadikan hidup kita penuh bermakna dan pengharapan hanya kepadaNya. 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita semua. Amin 🙏

Kamis, 23 Oktober 2025

Tetaplah memberitakan Injil - MAKIN DIBABAT MAKIN MERAMBAT - Kisah Para Rasul 8 : 4 - 17

Selamat Pagi Amang Inang. 

Firman Allah untuk kita... 
Kisah Para Rasul 8 : 4
Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil.
Kisah Para Rasul 8 : 5
Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
Kisah Para Rasul 8 : 6
Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu.
Kisah Para Rasul 8 : 7
Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.
Kisah Para Rasul 8 : 8
Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.

Saudara saudari, Ada yang mengatakan bahwa penyebaran Injil mengalami stagnansi dalam kenyamanan. Sedangkan, dalam penganiayaan, Injil justru makin tersebar luas. Oleh karena itu, muncullah ungkapan: "MAKIN DIBABAT MAKIN MERAMBAT".
Stefanus baru saja mati sebagai martir. Jemaat masih menangisi kematian Stefanus (2), dan penganiayaan hebat sudah terjadi (1b). Saulus bahkan masuk ke rumah-rumah orang Kristen untuk menyeret mereka ke dalam penjara (3). Meskipun Jemaat mengalami penganiayaan yang demikian hebat. Akan tetapi, hal itu tidak menghentikan semangat mereka dalam mengabarkan Injil. Mereka justru menjelajah berbagai tempat sembari memberitakan Injil (4). Tidak hanya itu, dalam masa pekabaran Injil ini, mereka juga dipertemukan dengan orang yang mengaku sebagai kuasa Allah (9-11). Akan tetapi, Allah menyertai mereka dengan banyak tanda dan mukjizat, sehingga Injil tersebar secara efektif (12-13). Mereka begitu antusias dalam memberitakan Injil. Ketika rasul-rasul mendengar bahwa di Samaria ada banyak orang yang bertobat, mereka langsung mengutus Petrus dan Yohanes untuk melengkapi pelayanan Filipus (14). Allah benar-benar menyertai Injil-Nya. Penderitaan yang amat berat, bahkan kematian para murid, tidak pernah dapat membuat kuasa Injil berhenti. Sampai hari ini, Injil telah tersebar ke seluruh dunia, mengubahkan wajah peradaban, bahkan mengubah kehidupan banyak orang secara personal, dan yang terutama telah menjadi penyelamat bagi jutaan jiwa. Pekabaran Injil adalah amanat agung yang diperintahkan oleh Yesus Kristus sebelum Dia naik ke surga. Namun, tidak hanya perintah, Yesus juga memberi janji bahwa Ia akan memberikan kuasa-Nya dan menyertai kita senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Dahulu para rasul dan bapa Gereja berkobar-kobar memberitakan Injil, sekalipun nyawa adalah taruhannya. 

Oleh karena itu, kita yang hidup pada masa kini, dengan segala tantangan postmodern, perlu lebih bersemangat lagi dalam memberitakan Injil terlebih melalui karakter dan Kasih kita terhadap sesama. 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara kita semua..
Amin 🙏🙏🙏

Senin, 20 Oktober 2025

Allah adalah sumber pertolongan kita

Selamat pagi. 
Firman Allah untuk kita. 
Mazmur 46 : 2 
Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan terbukti.
Mazmur 46 : 3
Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut;
Mazmur 46 : 4
Kota Allah, kediaman Yang Mahatinggi, disukakan oleh aliran-aliran sebuah sungai.
Mazmur 46 : 6
Allah ada di dalamnya, kota itu tidak akan goncang; Allah akan menolongnya menjelang pagi.

Saudara saudari, Nas hari ini menunjukkan kuasa Allah secara progresif: melampaui alam (Mazmur 46:2-4) melindungi kota-Nya dari serangan musuh (ayat 5-8), dan atas seluruh bumi yang sedang berperang (ayat 9-12). Kita pasti masih mengingat bencana tsunami yang begitu mengerikan. Namun sedahsyat apapun suatu bencana, pemazmur tidak takut karena ia tahu dan yakin bahwa kuasa Allah shngguh melampaui kekuatan alam. Ia tahu bahwa ia dapat berlindung pada Allah (ayat 2). 

Dalam perikop ini Allah juga digambarkan sebagai kota benteng umat-Nya (ayat 8). Karena Allah ada di dalamnya, kota itu tidak akan goncang bahkan ketika bangsa-bangsa menyerang. Dengan tegas pemazmur mengontraskan kota Allah yang tidak akan goncang (ayat 6) walau kerajaan-kerajaan goncang (ayat 7) dan sekalipun gunung-gunung goncang (ayat 3). Pemazmur memberi penekanan pada kuasa Allah dengan menunjukkan bahwa Allah adalah Allah yang Maha Tinggi (ayat 5) dan Tuhan semesta alam (ayat 8). Allah Maha Tinggi menekankan Allah yang berkuasa atas segala kerajaan di muka bumi (Dan. 4:17). Tuhan semesta alam menyatakan Allah yang memiliki tentara malaikat dalam jumlah besar (band. 1Raj. 22:19). Itulah sebabnya pemazmur merasa aman. Pada bagian terakhir Allah digambarkan sebagai Allah yang menghentikan segala peperangan di bumi (ayat 9). Ia adalah Allah yang berkuasa atas segala kerajaan di bumi. Karenanya Allah ditinggikan di antara bangsa-bangsa, di-tinggikan di bumi (ayat 11). 


Dalam hidup ini, pergumulan hebat pasti pernah menimpa kita. Dalam kondisi itu, mungkin reaksi kita adalah pergi menjauhi Allah. Kita bahkan mungkin melancarkan protes kepada-Nya atas keadaan yang terjadi. Alih-alih masuk dalam dekapan Allah, Sang Kota Benteng yang teguh, kita malah dengan sengaja pergi menjauhi-Nya.

Pada hari ini, kita diingatkan oleh pemazmur. Ia menasihati agar kita yakin dengan iman yang teguh kepada Allah pada saat kita mengalami pergumulan hidup. Ia adalah Kota Benteng yang teguh sehingga di dalam Allah saja kita berdiam, merasa aman, dan tenteram.

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita semua. Amin 🙏

Minggu, 19 Oktober 2025

Mengasihi adalah hidup orang percaya

Shalom. 
Firman Tuhan untuk kita. 
2 Yohanes 1 : 4
Aku sangat bersukacita, bahwa aku mendapati, bahwa separuh dari anak-anakmu hidup dalam kebenaran sesuai dengan perintah yang telah kita terima dari Bapa.
2 Yohanes 1 : 5
Dan sekarang aku minta kepadamu, Ibu--bukan seolah-olah aku menuliskan perintah baru bagimu, tetapi menurut perintah yang sudah ada pada kita dari mulanya--supaya kita saling mengasihi.
2 Yohanes 1 : 6
Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan inilah perintah itu, yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih, sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya.
2 Yohanes 1 : 7
Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.
2 Yohanes 1 : 8
Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya.

Saudara saudari, Agustinus sangat terinspirasi oleh surat Yohanes dan menulis: "Jika seseorang menyangka dia mengerti Alkitab tetapi tidak membangun cinta akan Allah dan cinta akan sesama, maka sebenarnya dia tak mengerti Alkitab" 

Dalm surat kedua Yohanes ditulis oleh orang yang menyebut dirinya penatua, dan ditujukan kepada Ibu yang terpilih dan anak-anaknya (1). Isi surat memang menekankan tentang cinta kasih (5-6). Istilah Ibu terpilih tampaknya memang mengacu pada gereja dan yang dimaksud dengan anak-anaknya adalah jemaat.

Karunia, rahmat, dan damai Allah memang seharusnya menghadirkan hidup kristiani dalam kebenaran dan cinta. Sebab, bagaimana mungkin kebenaran dari Kristus yang memberikan hidup-Nya sendiri dalam kasih, tidak menghasilkan hidup yang penuh kasih?

Menjadi orang jahat namun dibaptis dan bahkan menyandang sebutan sebagai orang Kristen, bisa saja terjadi. Namun, "Menjadi orang jahat yang menunjukkan kehidupan cinta kasih adalah tak mungkin", demikian tulis Agustinus ketika merenungkan surat Yohanes. Jadi, bukti otentik kehidupan orang Kristen tak ada yang lain, kecuali CINTA KASIH.
Banyak orang mengira bahwa memiliki pengetahuan tentang Alkitab atau berbagai doktrin agama dapat menjadi tanda bahwa pemiliknya adalah orang Kristen sejati, terutama di kalangan yang merasa lebih intelektual. Akibatnya, sering terjadi perdebatan doktrin antar orang Kristen. Agustinus mengingatkan, baik yang mendisiplin dengan keras maupun yang bersikap lembut, keduanya harus memiliki dasar kasih. Sebab, Allah itu kasih dan kebenaran tak lepas dari kasih.

Menghidupi kasih dalam masyarakat yang plural dan penuh perbedaan pendapat akan menghasilkan tantangan tersendiri. Namun, kita tak mungkin lari dari perintah untuk mengasihi karena Allah adalah kasih. Orang yang tak dapat mengasihi sesama yang dilihatnya, tak mungkin mengasihi Allah yang tak dilihatnya. Jadi, tanpa kasih, pengetahuan, dan pelayanan, kita hanyalah gong yang berisik, yang lahir dari kesombongan dan dosa. 

Bila kita mencamkan bahwa kebenaran itu yang menyatukan orang percaya, maka seharusnya kita menyadari bahwa kesatuan jemaat pun hendaknya berdiri teguh. Jemaat berdiri bukan karena kesamaan haluan politik atau kesetaraan dalam tingkat ekonomi. 
Oleh sebab itu, jangan sampai kesatuan jemaat goyah karena perbedaan pendapat, perebutan jabatan pelayanan, atau segala sesuatu yang kualitasnya berada di bawah kebenaran. Ingatlah bahwa karena kebenaran Kristus saja kita bersatu. Maka, Jika ada perselisihan, pakailah kebenaran sebagai standar yang mempersatukan.

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita semua. Amin 🙏

Kamis, 16 Oktober 2025

Jangan menghakimi Roma 14 : 1 - 13

Shalom. 
Firman Tuhan untuk kita. 
Roma 14 : 8
Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.
Roma 14 : 9
Sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang-orang mati, maupun atas orang-orang hidup.
Roma 14 : 11
Karena ada tertulis: "Demi Aku hidup, demikianlah firman Tuhan, semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku dan semua orang akan memuliakan Allah."
Roma 14 : 12
Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.

Saudara saudari, Dalam hidup bermasyarakat betapa mudahnya bagi manusia menjadi hakim atas orang lain. Mengapa? Sebab, ketika menghakimi orang lain, maka akan terlihat bahwa dia ternyata lebih baik ketimbang orang yang dihakiminya. Sewaktu seseorang menyatakan orang lain bersalah, maka pada saat itu juga sebenarnya dia sedang menyatakan bahwa dirinya benar, dan itu berarti lebih baik dari orang lain.

Gereja, dahulu maupun sekarang, juga tak lepas dari soal penghakiman ini. Kepada warga jemaat di Roma, Paulus menyatakan: "Terimalah orang yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya" (1). Yang dimaksudkan di sini adalah orang-orang tidak dapat membedakan mana yang pokok dan yang bukan dalam iman yang menyelamatkan. Dan Paulus menasihati untuk tidak mengecam orang-orang yang berpendirian seperti itu.

Pada masa itu, dalam jemaat ada orang-orang yang menikmati kebebasan dari peraturan Yahudi dengan makan segala sesuatu berdasarkan Mazmur 24:1. Sedangkan yang lainnya berpegang pada asas hanya boleh memakan sayur-sayuran karena mereka takut melanggar larangan makan darah hewan atau menjadi najis karena menyentuh makanan yang telah dipersembahkan kepada para dewa. Paulus dengan tegas mengatakan agar kedua kelompok ini tidak saling menghakimi karena keduanya adalah hamba Tuhan. Menghakimi hamba Tuhan sama dengan menghakimi Tuhan.

Sedangkan persoalan lainnya berkenaan dengan hari. Ada yang mementingkan hari-hari tertentu, namun ada pula yang berpikir bahwa semua hari adalah sama. Untuk hal ini pun, Paulus bersikap sama: "Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan" (6). Hal yang sama juga berlaku bagi orang yang menganggap semua hari sama.

Yang penting bagi Paulus: "Jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan." (8). Nah, jika setiap orang memegang keyakinan ini, maka menghina orang lain karena keyakinan akan iman yang dipeluknya tidak relevan lagi.

Hidup orang Kristen harus selalu dipusatkan kepada Kristus, sebagai Tuhan, Juruselamat, dan Hakim yang agung, bukan kepada pandangan dan penilaian manusia yang subjektif. Prinsip ini mengandung dua konsekuensi moral. Kita harus dapat saling menerima, meskipun terdapat perbedaan yang tidak prinsip (1). Kita dilarang menghina, menganggap rendah, dan menghakimi orang yang berbeda dengan kita (3). Kristuslah Hakim bagi semua manusia. Ingat, jangan menghakimi! Sebab, kita semua kelak harus menghadap pengadilan Allah. 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita semua. Amin 🙏

Rabu, 15 Oktober 2025

HKBP DO HKBP - Akankah jadi agereja Oikumene ??

“HKBP DO HKBP" 
AKAN JADI GEREJA OIKUMENE ?

Salam Damai 'n Kasih Kristus!

Pd tgl 7 Okt 1861 di Sipirok, para pekabar Injil mengadakan rapat 'tuk membagi tempat pelayanan yaitu: Pdt. Heine, Pdt. Klammer, Pdt. Betz, Pdt. Van Asselt. Tgl inilah yg ditetapkan jadi hr lahir HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN yg diambil dr nama ke-4 org pdt (non Batak) peserta rapat tsbt. Juga berketepatan dlm bln Okt 1861 ini Nommensen ditahbiskan sebagai Pdt dan langsung diberangkatkan oleh Misi Barmen jadi misionar ke Tanah Batak, tapi selama 2 bln dia masih harus belajar Bahasa dan Budaya Batak terlebih dulu dr Dr. Van Der Tuuk di Belanda.

Jadi, meskipun HKBP telah berdiri selama 20 thn (1861-1881), namun masih belum memiliki seorang Pimpinan Gereja (Uluan ni Huria). Pd thn 1881, Kongsi Barmen menetapkan Nommensen jadi Ephorus pertama di HKBP. Sedangkan gelar “Ompu i" resmi diberikan kepada Nommensen setelah jadi Ephorus, dan kemudian gelar “Ompu i" jadi sebutan/gelar resmi bagi semua Ephorus HKBP. Padahal karna berkat ketrampilan Nommesen dalam mendamaikan setiap perkara atau pertengkaran di sawah dan juga peperangan antar kampung, maka Raja Pontas dan Raja lainnya yg sdh jadi Kristen menganggap Nommensen pantas dijuluki “Ompu i" sejajar dg Raja Sisingamangaraja XII. Nah, kita juga tentu berharap semua Ephorus HKBP hendaknya seperti Ompu Nommensen teristimewa dalam “Hadameon dohot Halambokon” agar tercapai umpasa Batak yang mengatakan “Goar na ma daina” tapi biarlah sejarah yang akan mencatat. (NB: Perjalanan HKBP sangat sarat dengan konflik semenjak kepemimpinan sebagai Ephorus di teruskan oleh orang Batak, dan hampir di setiap dekade ada konflik yg muncul. Salah satu sumber konflik yg sering terjadi adalah masalah kepemimpinan, distribusi kekuasaan dan mekanisme pelayanan serta pengambilan keputusan yg diatur di dlm AP.

Kalau anda pernah menyaksikannya sungguh betapa brutalnya saat konflik terjadi baik di Kampus Teologi Pematang Siantar maupun di berbagai Gereja di Medan, bahkan Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung juga jadi ajang perebutan. Kalau demikian halnya masih pantaskah lagi gelar “Ompu i" disematkan kpd Ephorus HKBP? 
Memang tak seorang pun seperti Nommensen yg hanya dg mengandalkan “kasih sayang” dalam menginjili mampu mendamaikan berbagai pertikaian dan peperangan antar kampung, bahkan mengatasi berbagai tindak kejahatan seperti pembunuhan, perkelahian dan perjudian.

Nommensen mengetahui adat Batak, dan dia tak melarang adat yg tak bertentangan dg Alkitab, seperti halnya konsep “Dalihan na Tolu” yang dapat mempererat kekerabatan orang Batak sehingga perlu dilestarikan. Kawin semarga pun dilarang oleh adat Batak dan juga dilarang oleh Gereja, hanya Nomensen tidak membenarkan pemakaian Gondang Batak di Gereja.

Sejarah mencatat, bahwa sebelum Nommensen jadi Ephorus HKBP pertama (1881-1918) ternyata ia telah menjalankan misi penginjilannya selama 20 thn (1861-1881), dan selama itu masyarakat Batak selalu memanggilnya dengan sebutan “Amang atau Tuan Nommensen”, bahkan setelah jadi Ephorus tetap saja dipanggil dengan sebutan “Ompu atau Ompu i Nommensen”.

Pada thn 1876 Nommensen telah berhasil menterjemahkan PB ke dlm Bhs Batak Toba, tapi kita tak tahu apakah diterjemahkan dr Bhs Jerman atau dari teks asli bahasa Yunani (Greek), sementara sahabatnya Johansen berhasil menterjemahkan PL ke dalam Bahasa Batak Toba. (NB: Kita patut mengapresiasi ada rencana dan upaya HKBP saat ini bekerjasama dengan LAI akan menerbitkan Bibel terjemahan baru. Mungkin jemaat selama ini tak menyadari bahwa Bibel terjemahan Nommensen dan Johansen pada waktu itu adalah dibuat dalam rangkah penginjilan, sehingga diksi atau pilihan kata yang digunakan tentu harus disesuaikan dengan kondisi setempat. Juga pada masa itu kalimat dalam Bahasa Indonesia tempo dulu sama halnya dengan Bahasa Batak kalimatnya masih dominan frase Hukum DM. Misalnya, nats 1 Musa 1:1 dituliskan: “Di mula ni mulana ditompa Debata langit dohot tano on”, sedangkan dlm Kej. 1:1 dituliskan: “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.” Jadi, tentu dlm Bibel terjemahan baru nantinya bisa saja nats 1 Musa 1:1 akan diterjemahkan: “Di mula na Debata manompa langit dohot tano”. Itulah sebabnya saat ini perlu ada Bibel terjemahan baru agar lebih praktis dan mudah dipahami terlebih oleh kaum millenial Gereja kita HKBP.

Saat berlibur ke Jerman setelah 18 thn melayani pd thn 1880, Nommensen menyempatkan diri menciptakan Tata Ibadah HKBP. Meskipun agak lain dari Tata Ibadah Lutheran di Jerman, namun dibuat lebih original yg disesuaikan dg kondisi setempat. Tata ibadahnya mengadopsi Lutheran dan Presbiterian dan sekaligus budaya Batak dipersatukan sehingga tampak sungguh indah, dan bahkan tata ibadah itu telah lebih 100 thn diikuti oleh HKBP. Karna orang Batak gemar bernyanyi dan suka musik, maka Nommensen berusaha agar dikirim musik tiup dan poti marende (orgel) ke Tanah Batak. Kemudian pada usia 70 thn (1904) Ompu Nommensen dianugerahi Doktor Teologi Kehormatan oleh Fakultas Teologi Universitas Bonn, Jerman, atas keberhasilannya yg luar biasa membawa Injil ke Tanah Batak. Padahal Ompu Nommensen sebenarnya tak ingin mendapat hadiah atau penghargaan, ia mengaku hanya seorang miskin yang tidak punya arti apa2, tapi rohnya telah ditebus dengan nilai yg sangat mahal, yaitu dengan Darah Yesus.

Setelah Ephorus Nommensen ternyata masih ada 3 org lagi pdt Misionar (non Batak) jadi Ephorus HKBP (1918-1940), jadi selama 59 thn (1881-1940) HKBP pernah dipimpin oleh 5 org Ephorus dari Pdt Misionar (non Batak), dan selama itu Tata Ibadah HKBP pernah beberapa kali mengalami revisi yang kemudian pada tahun 1937 diterbitkan Agenda HKBP (Buku Liturgi) dan ternyata itulah yg digunakan dlm Ibadah HKBP sampai sekarang. Dengan ditangkapnya semua Pdt Jerman oleh tentara Belanda pada tanggal 10 Mei 1940, maka sejak itu pimpinan HKBP dijabat oleh Pdt Batak, tepatnya pada Sinode Godang HKBP tgl 10-11 Juli 1940 terpilih Pdt. K. Sirait jadi Voorsitter (Ephorus) HKBP (1940-1942), dan itu jadi hari kemandirian (manjujung baringin na) HKBP, yg dapat dikatakan telah mandiri dalam hal dana, daya, dan teologi.

Semasa kepemimpinan Ephorus HKBP Ds. Dr. hc. J. Sihombing (1942-1962) selama 20 tahun terkenal semboyan “HKBP DO HKBP” yg se_akan2 ingin mengatakan kepada dunia bahwa inilah HKBP yang tak mau meniru dan tak bisa didikte oleh siapa pun terlebih dalam hal teologi seperti menetapkan Tata Gereja, Tata Ibadah dan Konfessi HKBP. Pucuk pimpinan gerejanya disebut dengan “Ephorus” seperti Nommensen bukan “Bishop” maka dunia mau bilang apa, karna “HKBP do HKBP”. Dalam Tata Gereja 1930 misalnya, dikatakan: “HKBP bertujuan untuk mempersekutukan seluruh orang Batak di dalam iman yang satu itu, sambil memberitakan Injil kepada bangsa sekitar yang belum seiman. Sedangkan dalam Tata Gereja 1940 dikatakan agar kesatuan dan persekutuan di dalam gereja harus dipertahankan dan dipelihara. Tapi dalam Tata Gereja 1950 sudah lebih bersifat oikumenis dalam arti HKBP jadi pelopor dalam memasuki Gerakan oikumenis di Indonesia.

Apakah nantinya HKBP yg berdiri atas dasar kesukuan atau sebagai Gereja orangnya Batak akan menjadi Gereja Oikumene? 
Dalam B.E Suplemen HKBP telah mengisyaratkannya, dlm BE. No. 864. “OIKUMENE” dikatakan: 
1. Asing pe hata nang luatta be, marragam rupa nang adatta be; Sada do Debatanta ingot be, na marhaha-anggi hita sasude, di Kristus sada hita be. 
2. UEM do parsadaan ni hita on, pajongjong dame di portibi on; Patindang hatigoran i sintong, pararat harajaonNa dison, sahat tu liat tano on. 
3. Hita pinilit ni Tuhanta i, urupi ma dongan na pogos i; Palua angka na tarante i, tabaen marnida na mapitung i, apuli na mardangol i. Amen!

NB: SEJAK A/P-2002 HKBP DENGAN VISI DAN MISINYA SUDAH BERSIKAP INKLUSIF, DIALOGIS DAN TERBUKA, BAHKAN TAHUN INI ADALAH "tahun oikumene hkbp inklusif 2024".

theologi Lutheran

Acara Ibadah pemuda/i lutheran minggu XX setelah Trinitatis

  ACARA IBADAH REMAJA & PEMUDA/I GKLI Sabtu, 01 November 2025 1.       Bernyanyi dari Kidung Jemaat No. 15 : 1 – 3 (...

what about theologi luther ?