Kiranya Damai Sejahtera Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara kamu sekalian.... Amin
Senin, 03 Februari 2025
Kebahagiaan orang yang di ampuni dosanya - Renungan harian Luther
Menantikan Tuhan - Renungan harian Luther
Sabtu, 01 Februari 2025
Khotbah minggu IV Setelah Epiphanias - Lukas 2 : 21-33
KHOTBAH LUKAS 2 : 21-33)
Mingu IV Setelah
Epiphanias adalah peringatan HARI PENTAHIRAN (PURIFIKASI) MARIA DAN PRESENTASI
(PENYERAHAN) YESUS KRISTUS
Bapak ibu Saudara
sudari ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa
Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan, seperti ada tertulis dalam
hukum Tuhan: "Semua anak laki-laki sulung harus dikuduskan bagi
Allah", dan untuk mempersembahkan korban menurut apa yang difirmankan
dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak burung
merpati.” (ayat 22-24).
Menurut hukum Taurat Musa bahwa segala
apa yang lahir terdahulu dari kandungan, TUHANlah yang empunya, juga segala
ternak yang jantan, anak yang lahir terdahulu dari lembu atau domba. Sementara
untuk anak yang lahir terdahulu dari keledai haruslah ditebus dengan seekor
domba; jika tidak ditebus, maka batang leher keledai itu harus dipatahkan. Selain itu, setiap yang sulung dari antara anak-anak
orang Israel haruslah ditebus, dan mereka tidak boleh menghadap ke hadirat
TUHAN dengan tangan hampa. Demikianlah ketetapan yang disampaikan TUHAN kepada
bangsa Israel melalui Musa seperti yang tertulis dalam Keluaran 34:19-20.
Jikalau kita
mengingat di Minggu ke-4 setelah Epifanias ini bertepatan dengan Hari Perayaan
Pentahiran Maria dan Penyerahan Yesus sebagai anak sulung kepada TUHAN
(dirayakan setiap tanggal 2 Februari). Menurut peraturan hukum Taurat, seorang
perempuan yang melahirkan dianggap najis selama tujuh hari. Oleh karena itu,
untuk pentahirannya, maka enam minggu setelah melahirkan, jika anak yang
dilahirkannya adalah seorang laki-laki, maka perempuan itu harus mengadakan
pentahirannya dengan membawa kurban persembahan yang akan dipersembahkan oleh
imam kepada TUHAN (Imamat 12:1-8). Ketentuan inilah yang hendak dipenuhi oleh
Maria sehingga ia datang ke Bait Allah, kendati sebenaranya tidak perlu ia
melakukan hal ini. Sebab menurut Kitab Suci, ketika Maria mengandung dan sesudah
melahirkan bayi Yesus, tetaplah ia seorang perawan. Namun agar tidak menjadi
batu sandungan, sebab orang-orang Yahudi, termasuk para imam, tidak dapat
mempercayai hal ini, yakni bahwa Maria adalah seorang perawan setelah melahirkan
seorang anak laki-laki. Menurut Martin Luther, dari apa yang Maria lakukan ini,
kita belajar tentang ketaatan, yakni ketaatan terhadap Firman Tuhan. Maria tahu
bahwa dirinya adalah seorang perawan, namun ia tetap tunduk pada Taurat TUHAN
demi orang lain. Dia tidak sombong. Sebab dia tahu bahwa Allah menentang
kecongkakan. 
Selain
pentahiran Maria, hari ini juga dirayakan sebagai Hari Penyerahan Tuhan kita
Yesus Kristus. Dia diserahkan untuk menggenapi apa yang tertulis dalam Taurat
Musa, yakni bahwa setiap anak laki-laki yang sulung harus dipersembahkan kepada
TUHAN. Namun sebagai gantinya, dia harus ditebus dengan mempersembahkan kurban
persembahan. Sebenarnya hal ini juga tidak perlu dilakukan untuk Yesus. Sebab
Ia adalah kudus. Ia adalah Allah yang menjadi Manusia. Namun, sama halnya seperti
Maria, Tuhan kita Yesus pun rela tunduk pada firman Allah. Bahkan membuat
diri-Nya sama seperti kita manusia berdosa, seperti yang dituliskan oleh Rasul
Paulus bahwa ”... Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak
menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang
hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia
telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu
salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan
kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut
segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi
kemuliaan Allah, Bapa! (Filipi 2:5-11).
Bapak ibu
saudara saudari yang terkasih, Inilah berita Injil bagi kita hari ini. Bahwa
Allah, Pribadi kedua Tritunggal Mahakudus, rela menderita dan mati untuk kita
manusia berdosa. Dia taat kepada Firman Allah kendati Dia adalah Allah dan
Pencipta. Pun Maria, Bunda Allah, juga taat kepada firman Allah. Dia tidak
menjadi congkak atas karunia yang Allah berikan padanya. Sebaliknya dengan
rendah hati ia menaati setiap firman Allah. ”Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu
seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak,
tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Karena itu rendahkanlah dirimu
di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya” (1
Petrus 5:5b-6). 
Selamat merayakan
Hari Pentahiran Maria dan Presentasi (Penyerahan) Tuhan Kita Yesus Kristus yang
jatuh pada Minggu ke-4 setelah Epifania. Kiranya ketaatan akan Kehendak Tuhan
semakin nyata dalam hidup kita. Amin  
Minggu, 19 Januari 2025
Hidup di dalam Doa yang benar - Mazmur 20
Jumat, 17 Januari 2025
Yohanes 2 : 1 – 11 PASAHAT MA SUDE TU TUHAN JESUS KRISTUS
Johanes 2 : 1 - 11
Patujolo : Selamat hari minggu ma di hita saluhutna, Nuaeng masuk ma hita tu minggu pa II hon dung Epiphanias na marlapatan ma i Hapapatar, hata ni Debata di minggu sadari on patolhashon taringot tu Mujizat na parjolo sahali na pinatupa ni Jesus ima na masa perkawinan di kana. Molo tabereng do angka na masa di haportibion on jala tapatudos tu turpuk jamita on jot jot dope tardapot hita di na mangulahon angka si ulaonta gumodangan pingkiran nang ha adonganta na tapangasahon, jala di na tarpuruk hita olo dope sai adong na lupa pasahathon tu Jesus Kristus i. Sialani i do marhite turpuk jamita di ari sadari on di paingot jamita on do hita asa “Pasahat ma sude tu Tuhan Jesus Kristus”.
Thema : PASAHAT MA SUDE TU TUHAN JESUS KRISTUS
1. UNANG RAGU HO DI ANGKA ULAONMU
Di hita saluhutna angka dongan sahaporseaon, molo tapatudos do tu adat habatahon hombar tu turpuk jamita saonari, ra dang adong hita na boi malua sian na nidokna Ulaon adat lumobi ma di angka naung marhasohotan (berkeluarga). Jala ulaon adat on tung godang do alai jumotjot ma di bagi gabe du horong, adong ma i ulaon las ni roha “perkawinan, tamba ni angka pasu pasu lan dohot angka na asing, songoni nang ulaon habot ni roha. Sebagai sahalak na pantun jala paradat saleleng mangolu hita di portibi on, na ingkon adopanta do i, lumobi ma hita di pulo batam on, rata rata do hampir tiap hari sabtu dang hea kosong angka na patupahon pesta paradaton di luat ta on, jala boi do dohonon alani angka ulaon adat olo do gabe tading ulaon siapari, songoni nang ulaon huria. Alai dia do na naeng siberengonta marhite turpuk jamita sadari on?
Hombar tu turpuk jamita naung ta jaha di tingki on, ro do jou jou manang na gokhon tu Jesus dohot angka si seanna. Songon hata ni angka omputta si jolo tubu mandok “gokhon si pasahaton – jou jou si adopan” tabereng di turpuk on di na ro gokhon i laos di pio Jesus do undangan i dohot angka si sean nai, marhite on boi do berengonta jala antusanta “ndang anti adat manang na angka ulaon portibi Jesus Kristus i, ai tangkas do taboto ianggo halak jahudi hampir sarupa do tu hita halak batak taringot tu godang ni angka ruhut ruhut paradaton. Di na ro Jesus mangadopi undangan i, ro do simaria ina nai paboahon tu Jesus Kristus i bahwa na hurangan Anggur nasida. Jala boi do tabereng di ayat 4 didok Jesus do tu ina nai “marahua ho tu Ahu, inang? Ndang dope ro tingki ku.
Sasintongna nian dalan na denggan do molo di pasahat si Maria tu Jesus taringot tu hahurangan i, jala memang kemungkinan besar na marpesta i pe termasuk keluarga besar ni si maria manang na Jesus i do, terbukti do i sian panghobasion ni si maria na parsidohot do ibana gabe parhobas di dapur.
Marhite turpuk jamita on ingkon antus do hita mangantusi bahwa sude angka hasintongan i hape martingki do andigan ingkon pashaton jala sadihari ingkon hatindanghonononta. Di na ro si Maria paboahon tu Jesus taringot tu na masa i, sasintongna nunga apala tangkas be di boto ibana ise do sasintongna Jesus i, ai tangkas do di hatorangan turpuk na asing marhite hite tondi pobadia do gabe gabean ibana jala Jesus ma goaron. Na marlapatan ma i, kemungkinan besar songon sahalak roha ni ina sihol do rohana asa lam tanda on ni natorop nian Jesus Kristus i, lumobi ma di angka huasona laho patupahon naso tarpikkiri hita jolma. Jala tarida do nang pe songoni alus ni Jesus ianggo si maria ndang gabe marganggu ni roha ibana, ido asa di podahon si maria tu angka parhobas i, tung dia di dok Jesus i, ulahon hamuna ma, jala marhite pos ni roha di Jesus dohot pandohan ni si maria maradophon donganna parhobas i gabe patar do tutu di patupa Jesus do sada muzijat di ulaon i, ima patupahon aek gabe anggur. Sian on tarida do marpangkorhon do pos ni roha ni si maria dohot pangoloion ni angka parhobas i di Jesus, jala on ma nean na naeng parangehononta nang di ngolunta siganup ari.
Alani di hita saluhutna amang inang dohot sude angka dongan sahaporseaon, jamita di minggu sadari on gomos manogu nogu jala paingothon hita asa jumolo ma hita marningot di Jesus i, ai pardenggan basa do Ibana jala na tuk do huasona patupahon saluhutna, asal ma tongtong olo hita ro tu ibana paboahon holosnta songon si maria, jala pos rohanta di angka na tapasahat i. Unang ganggu hita di angka ulaonta, ta ulahon ma angka ulaonta jala tainngot ma tongtong laho mangundang Jesus Kristus i.
2. IDAONTA JALA DAIONTA MA DENGGAN BASA NI DEBATA
Amang inang, angka ise do na patut marnida jala mandai denggan basa ni Debata ?
Di naung pinatolhas ni si Maria tu Jesus Kristus i taringot tu na hurangan Anggur nasida pesta i, di podahon si maria do angka donganna parhobas i, asa manang na aha pe didok Jesus tu nasida na ingkon ulahonon nasida jala tung di oloi nasida do poda ni si maria i. Marhite haradeon ni roha dohot pangoloion ni angka parhobas i di hata ni Jesus dapotan asi ni roha do nasida Boi marnida Huaso ni Debata ima marnida huaso ni Jesus na patupahon anggur marhite sian Aek, on do sada na naeng ingkon ulahononta amang inang. Nuaeng nunga be boi hita siganup tingki manangihon suara ni Debata marhite panjahaion di hatana, marhite angka jamita. Songon dia do taringot tu pangoloion ta di soara ni Debata naung tatangihon i?.
Boi do nunga hibul rohanta mangoloi suara ni Jesus Kristus i?
Antong anggo so singkop dope pangoloionta, marhite jamita sadari on gomos ma di paingot hita asa ingkon ma nian sude hita hibul mamelehon rohanta marhite na olo hita tangi jala mangulahon hata ni Tuhanta.
Molo marningot hita di jamita minggu parjolo dung Epiphanias, nunga di patolhas tu hita taringot tu pandidion ni Jesus Kristus, jala taruli do hita marhite hataNa na paingothon hita ai marhite pandidion ido mangomo hita di asi ni roha jala pandidion ido parhitean ni Debata manolukhon ngolu naimbaru di hita, songon di panindangionta Konfessi Augsburh Artikel IX. Jala di minggu na paduahon dung Epipanias sadari on aha do na naeng patar idaonta di turpuk jamita on sadari on?
Ia molo di bangso jahudi, naso tupa do nasida marpesta ianggo so adong Anggur, jala sada aturan do i di nasida ai ido diparade nasida tu saluhut otdangan na ro. Jala merasa terhormat do angka tamu nasida molo di jamu marhite anggur. Alani di hita pe saluhutna marhite turpuk jamita sadari on, taringot tu haporseaon – Haluaon ndang tarsirang hita sian Mudar ni Kristus Jesus naung durus di hau pinorsilang i holan humongkop hita. Marhite muzijat na parjolo ima na pinatupa ni Jesus dung melayani Ibana, muzijat nai nunga be papatarhon na toho do Jesus i anak ni Debata jala na ingkon haporseaon jala jangkononta marhite hatana nang songoni di anggur na tajalo di parpadanan nabadia i. Ai sian ido tutu dapotan asi ni roha hita.
Alani di sude ulaon ta, sotung olo be hita lupa laho mangundang Debata jala ingkon pasahatonta do sude na masa di ngolunta tu Ibana. Pos ni roha di Dbeata di sude angka holso ni rohanta tanda ni haporseaon do i. sai tongtong ma songon si maria i hita na marpos ni roha di Jesus Kristus i, jala marroha marpangoloion ma hita mangulahon angka hata ni Tuhanta, asa taida jala tadai denggan basa ni Debata. Sai sude ma hita mian di bagasan pos ni roha jala olo pasahathon nasa holso ni rohanta tu Jesus Kristus. Asa lam tarpasu pasu sude ulaonta, lumobi ma gabe tau hasangapon di Debata nasa ngolunta. Amen
KHOTBAH MINGGU II SETELAH EPIPHANIAS YOHANES 2 : 1 – 11
KHOTBAH MINGGU II SETELAH EPIPHANIAS
19 Januari 2024
EVANGELIUM : YOHANES 2 : 1 – 11 (Bahasa Indonesia)
Pengantar : Selamat hari minggu untuk kita semua, Sekarang kita telah masuk di minggu ke II setelah Epipihanias yang berarti Penyataan Kristus. Firman Tuhan untuk kita dalam minggu ini menyampaikan tentang Mujizat yang pertama sekali di lakukan oleh Yesus ketika menghadiri perkawinan di kana. Jikalau kita melihat apa yang telah terjadi dalam hidup kita pada saat ini, sering kita melakukan hal hal yang tidak benar yang tidak sesuai dengan perikop ini, seperti ketika melakukan pekerjaan sering kita dengan penuh keyakinan hanya mengandalkan kehendak sendiri dan apa yang kita miliki tanpa kita mengundang Tuhan, dan ketika kita terjatuh atau terpuruk masih ada kita yang lupa untuk lansung datang tepat kepada Yesus Kristus. Oleh karena itu, melalui Khotbah di minggu ini FirmanNya berkata :
Serahkanlah segala sesuatunya kepada Tuhan Allah
Thema : SERAHKANLAH SEGALA SESUTAUNYA KEPADA TUHAN ALLAH
1. JANGAN BIMBANG DAN RAGU
Bapak Ibu dan saudari saudara yang di kasihi Tuhan, jikalau kita memandingkan kebiasaan orang Batak tentang Adat dengan Firman Tuhan yang telah kita baca pada saat ini, sungguh tidak ada satu orang pun dari antara kita yang lepas dari hukum adat atau melakukan adat terlebih bagi kita yang sudah berkeluarga. Dan jenis kegiatan adat ini sungguhlah begitu banyak yang mungkin dapat kita rangkumkan menjadi dua kelompok, yaitu acara suka cita, seperti perkawinan dan acara syukuran atas berkat-berkat Tuhan dan demikian jugalah dengan acara duka cita seperti kemalangan dan Jatuh sakit. Sebagai seorang yang patuh dan taat akan adat, maka setiap undangan yang datang kepada kita tentu akan kita hadiri, terlebih jikalau kita kita melihat di pulau batam ini, sepertinya sudah menjadi kebiasaan bahwa setiap hari sabtu adalah waktu pesta “tidak pernah kosong orang yang melaksanakan acara adat”. Dan hal ini sering menghadirkan kendala yang membuat kita sering terhalang dalam mengikut beberapa kegiatan seperti karena kegiatan adat sehingga ada pekerjaan yang terkendala, demikian juga dengan kegiatan kegiatan Gereja sering terhalang oleh karena mengikuti adat. Namun hal apakah yang sangat perlu kita lihat melalui khotbah hari ini?.
Melalui Evangelium yang telah kita baca hari ini, ada suatu pesta perkawinan yang akan di laksanakan KANA GALILEA dan Yesus sendiri beserta dengan murid muridNya di undang ke pesta tersebut. Seperti pepatah batak yang menyampaikan, “Gokhon do si paimaon jala jou jou si adopan” melalui perikop ini kita dapat melihat bahwa Yesus menerima undangan itu dan pergi bersama sama dengan rombongan murid-muridNya ke pesta tersebut. Hal ini dapat menunjukkan kepada kita bahwa sesungguhnya Yesus bukanlah orang yang anti dengan Adat Jahudi, sebab kita tahu jikalau orang yahudi melakukan pesta atau katakanlah adat maka tentu akan menghabiskan waktu yang cukup lama di perkirakan selama 7 hari berturut turut dalam menjamu tamunnya. Ketika Yesus menghadiri undangan itu, datanglah Maria menjumpai Yesus dan menyampaikan bahwa mereka kekurangan Anggur. Dapat kita melihat di ayat 4 bahwa Yesus sebenarnya menolak dengan perkataan “untuk apa kamu datang kepadaku Ibu? saatku belum tiba.
Sesungguhnya, ketika Maria dengan segera menyampaikannya kepada Yesus itu adalah suatu bukti bahwa Maria Percaya akan Yesus Kristus. Kemungkinan besar Maria beserta Yesus sendiri adalah bagian dari keluarga besar yang berpesta pada saat itu, hal itu terbukti bahwa Maria si ibu Yesus tersebut ikut ambil bagian menjadi pekerja di dapur atau bagian parhobas.
Oleh karen itu, melalui Evangelium hari ini, Firman ini mengajarkan agar kita harus memahami bahwa segala sesuatu tentang kebenaran sesungguhnya ada waktunya kapan akan di ungkapkan dan berapa saat harus di pendam sebelum kebenaran itu di tegakkan. Ketika maria datang menyampaikannya kepada Yesus bahwa mereka kekurangan anggur. Sesungguhnya pada saat itu Maria tentu sudah mengenal Yesus Kristus dengan benar sebab Dialah Yesus yang telah lahir dari rahimya sendiri sebagai Anak Allah yang telah di janjikan itu. Sebagai seorang ibu, tentu dia merindukan dan berharap agar setiap orang semakin mengenal Yesus lewat kuasaNya. Dan meskipun demikian jawaban Yesus ketika menjawab maria, tidaklah sedikit pun membuat hati Maria ragu tentang kuasa Yesus, hal itu terbukti bahwa Maria dengan tegas berpesan kepada pelayan pelayan lainnya agar mereka melakukan apa pun yang di perintahkan oleh Yesus. Melalui ketaatan para pelayan pelayan itu, mereka melihat dan menikmati kuasa Yesus Kristus sendiri yang mengubah air menjadi Anggur yang merupakan muzijat yang pertama sekali di lakukan oleh Yesus. Ketaatan para pelayan pelayan dan keyakinan Maria terhadap Yesus mendorong agar kita juga harus meneladani dan menjadi orang yang taat akan perintah Allah tanpa keragu raguan.
Oleh sebab itu marilah kita merenungkan dan mengingat bahwa Khotbah kita pada hari ini dengan tegas mengingatkan agar hendaklah kita terlebih dahulu mengingat dan merenungkan akan kasih setia Yesus yang tidak pernah berubah dan haruslah kita kuat di dalam Iman serta bersandar kepadaNya dalam melakukan segala kegiatan kita.
2. AGAR ENGKAU BEROLEH MUZIJAT
Bapa Ibu yang terkasih dalam Yesus Kristus siapakah sesungguhnya yang akan melihat dan menikmati karya Tuhan itu ?
Ketika Maria telah menyampaikan perihal kekurangan anggur di pesata itu kepada Yesus, Maria tetap teguh di dalam pengharapannya meskipun perkataan Yesus tidak sesuai dengan yang di harapkan oleh Maria, kita juga dapat melihat bahwa keyakinan Maria akan Yesus Kristus mendorongnya untuk mengingatkan para pelayan pelayan lainnya agar apa pun yang di perintahkan oleh Yesus harus lah mereka turuti. Oleh karena ketaatan para pelayan pelayan melakukan apa yang Yesus katakan, hal itu jugalah yang membuat mereka dapat melihat kuasa Yesus dalam mengubah Air menjadi Anggur. Ketaatan akan perintah Tuhan inilah sesungguhnya yang harus kita lakukan.
Apakah sekarang kita sudah sungguh sungguh mendengarkan suara Tuhan?
Apakah kita sudah mau memberikan hati dan melakukan segala perintahNya dengan benar ?
Jika belum, hendaklah kiranya hari ini mari kita mengambil keputusan dalam hati kita untuk taat dan setia dalam melakukan perintah Tuhan kita.
Jikalau kita mengingat di kotbah minggu pertama setelah Epiphanias minggu lalu. FirmanNya sudah menyampaikan bahwa sesunguhnnya Baptisan Yesus Kristus menyatakan kepada dunia bahwa Yesus adalah Anak Allah dan Alkitab juga mengajarkan bahwa Baptisan itu menyelamatkan dan memberikan kita keampunan akan dosa serta memateraikan kita menjadi anak Allah dengan di jadikannya kita menjadi ciptaan baru lewat kuasa Roh kudus, seperti yang tecantum dalam bunyi konfesi Agustana Artikel ke IX. Dan di minggu ke dua setelah Epiphanias saat ini, apakah yang akan Tuhan Nyatakan bagi kita?
Bagi kaum Yahudi, menyediakan Anggur dalam setiap perjamuan pesta adalah suatu keharusan bagi mereka, sebab Anggur itu akan mereka hidangkan bagi seluruh tamu undangan yang hadir. Dan tentu setiap tamu mereka yang datang akan merasa terhormat jika di hidangkan anggur dengan baik ole tuan rumah. Oleh karena itu, pada saat ini sesusungguhnya melalui Firman ini, Allah juga ingin menyatakan kepada kita bahwa Setiap orang percaya tidaklah dapat terpisahkan dari Darah Kristus yang tercurah di kayu salib selagi kita masih hidup di dunia. Melalui muzijat Yesus Kristus yang pertama ini sesungguhnya juga Ia telah menyatakan diriNya bahwa Yesus adalah sungguh sungguh anak Allah yang hidup yang telah menjadi manusia demi keselamatan kita dan haruslah kita percayai sebab lewat Yesus lah kita beroleh keselamatan dan sukacita yang besar.
Oleh karena itu, bapak dan Ibu serta saudara saudari sekalian, jangan lagi mau kita melakukan kegiatan kita tanpa mengundang Yesus Kristus, mari undang Yesus dalam setiap pekerjaan kita lewat doa kita. Dan hendaklah kita juga menggantungkan hidup kita sepenuhnya kepadaNya. Percayalah kepada Yesus Kristus dan serahkanlah segala kekuatiran dan bebanmu kepadaNya. Maka Tuhan kita akan turut bekerja dan memelihara kita dalam perjalanan hidup. Kasih setiaNya akan memelihara, mengajar dan menuntun kita untuk mengenal Kuasa dan pemeliharaanya Tuhan dalam hidup kita. Amin
Sabtu, 11 Januari 2025
Baptisan yang memperdamaikan - Roma 6 : 1 - 11
theologi Lutheran
Acara Ibadah pemuda/i lutheran minggu XX setelah Trinitatis
ACARA IBADAH REMAJA & PEMUDA/I GKLI Sabtu, 01 November 2025 1. Bernyanyi dari Kidung Jemaat No. 15 : 1 – 3 (...
what about theologi luther ?
- 
Pengertian Liturgi di Gereja Lutheran GKLI Sebagai Gereja Lutheran memahami bahwa : Ibadah adalah Pesta Al...
 - 
Markus 6 : 14 - 29 Thema : BARANI MA HITA MANGHATINDANGKON NA NASINTONG Patujolo : Jamita minggu VII dung Trinitatis di...
 - 
Filipi 2 : 5 – 11 Surat Filipi di tuliskan oleh Rasul Paulus yang di tujukan kepada Jemaat di Pilipi dan seluruh Umat Kri...