Jumat, 23 Agustus 2024

Toho ma hita Marsihaholongan songon Jesus Kristus Parholong roha i Efesus 5 : 22 – 33 JAMITA SINGKAT PARTANGIANGAN KELUARGA

 

JAMITA SINGKAT PARTANGIANGAN KELUARGA

30 AGUSTUS 2024

Evangelium :  Efesus 5 : 22 – 33

Patujolo       : Di hita saluhut angka dongan sahaporseaon, sian padan na robi nunga di papatar Debata holong na tu hita ganup jolma, jumolo do di tompa Debata saluhut isi ni portibi on dung i pe asa di tompa jolma i tumiru rupa dohot pangalaho ni Debata. Tung mansai balga do holong ni Debata tu hita ganup jolma. Di na tinompa ni Debata si Adam ndang di loas Debata sahalak ni si adam punjun, alani do di tompa boru boru i, ima si hawa na gabe dongan saripe ni si Adam. Na marlapatan ma on, sian na jolo nunga be antus jala singkop holong ni Debata tu ganup jolma bahwa na ingkon do mardongan saripe (SOHOT). Alai sahat tu saonari, torop dope, jala sai godang dope namasa angka perselisihan, angka kekerasan dalam rumah tangga, bahkan angka perceraian di tonga tonga ni parsaripeon ni halak na karisten. Alani do borngin on di paingot Debata do hita marhite Thema ni Jamitanta na mandok : Toho ma hita marsihaholongan songon Jesus Kristus si parholong roha i.

 

Thema           : Toho ma hita Marsihaholongan songon Jesus Kristus Parholong roha i

1.     Songon dia do holong i ?

Angka dongan sahaporseaon, di turpuk jamita borngin on, di ondolhon Apostel Paulus do tu huria Efesus asa ingkon tarida holong di tonga tonga ni pardongan saripeon ni halak na porsea. Memang molo tabereng do namasa nuaeng, tung mansai jotjot do terjadi angka naso saroha di bagasan pardongan saripeon, godang do masa angka kekerasan dalam rumah tangga, jala sai olo dope tong habegean angka pelecehan pelecehan di tonga tonga ni angka naung mardongan saripe. Alani do molo manat tajaha jala ta antusi hata ni Debata di borngin on, tung sintong situtu do bahwa ganup angka naung pinadomu ni Debata naung sada do na dua i (Efesus 5 : 31), secara sederhana na marlapatan ma i, las roha ni ama i ingkon las do nang roha ni ina i, lungun roha ni ina i ingkon lungun do nang roha ni ama i, jala molo accit dihilala ama i ingkon do tong accit di hilala ina i jala ima sasintongna na didokna naung gabe SADA, sada di bagasan sitaonon nang sada di bagasan las ni roha.

 

Di bagian na parjolo SONGON DIA DO HOLONG I ?

Ia holong ni roha i sasintongna ima Jesus Kristus, ganup angka naso mian di bagasan Jesus Kristus, naso persea tu Debata dang di tanda i holong ni roha (1 Johanes 4 : 8). Alani do di pardongan saripeon ni halak Kristen, manang na di tonga tonga ni parkeluargaon ta ingkon do mian Jesus Kristus na Gabe Raja di tonga tonga ni Keluarganta, na gabe panutur nuturi roha nang pingkiran ni Ama dohot ina asa boi tarpatupa hita holong na mar_Suami, holong ma mar_Istri, jala holong na mar_Ianakhon. Jala hombar tusi di paingot Debata do hita bahwa ganup angka na porsea ndang boi holang sian Debata. Alani di hita saluhutna, di naung gabe sada Ama dohot ina i marhite pasu pasu na sian Debata ingkon do sapangkilalaan, saparsitaonon, saroha, jala sapingkiran di na mandalani ngolu siganup ari. Ianggo di na markeluarga (Mardongan saripe) sasintongna molo manatap do hita tu holong ni roha, ndang adong keluarga na lulus jala sempurna mangulahon holong ni roha. Jala lam matua hita sasintongna ingkon do lam martamba tamaba holong ni roha.

Di jamita ta di borngin on di dok hata ni Debata do bahwa ganup angka Parompuan (Ina) ingkon do marpangoloion maradophon angka amanta na be songon hita na marpangoloion tu Tuhan Jesus Kristus, jala ganup angka suami (Ama) ingkon do sai tongotong siganup tingki patuduhon holong maradophon angka istrina be songon Jesus Kristus na manghaholongi hita siganup tingki. Molo tingkos do on tapatupa pandohan ni Hata ni Debata di bornin on, ndang masa be angka istri na membabu di tonga tonga ni Keluarga, ndang masa be angka kekerasan di parkeluargaon, jala ndang masa be angka ama nasai olo holan mangarajai di tonga tonga ni keluarga, lumobi ma na mangulahon angka kekerasan dalam rumah tangga. Alani ingkon do manat hita di na markeluarga, ingkon do sai tongtong hita manatap tu Jesus Kristus si parholong roha i. jala ido ngolu ni angka na porsea ai di turpuk jamita saborngin on di dok do “songon ido ingkon hahaolongan ni Bawa angka istrina be”(Efesus 5 : 28) .

 

2.     Alani tapatuduhon ma holong ni roha I asa gabe pasu pasu hita saluhutna

Di hita saluhutna, saleleng di tano on dope hita, ingkon do masa angka arsak ni roha, parungkilon, parsalisihan, jala angka perbedaan pendapat di tonga tonga ni angka na markeluarga. Jala godang do dalan ni angka parungkilon i, adong ma na ro sian angka kebutuhan di keluarga naso tercukupi, adong ma i sian angka gelleng na maol leanon hata (maol aturon), jala adong ma i sian angka keluarga masing masing manang na sian angka tetangga ta be. Saluhut na i ingkon masa do i. Alai dison ma di paingot Debata hita bahwa ganup hita angka na porsea, ingkon do mampu pasaehon angka masalah, angka parungkilon di tonga tonga ni Keluarga ta be marhite holong na sian Debata. Molo sintong do holong ni roha i mian di tonga tonga ni keluarga, mambagi na otik nang na godang ingkon do mampu hita tanpa permasalahan, menyelesaihon angka permasalahan di tonga tonga ni keluarga pe ingkon do mampu hita pasaehon i tanpa adong angka paraccitan ni roha.

Dison ma sasintongna hataridaan ni ngolu ni angka na porsea, ngolu ni angka na marpos ni roha tu Debata ingkon do berbeda dohot angka naso tumanda Debata. Hita angka Ama ingkon do gabe tau pasu pasu, jala siboan dame di tonga tonga ni keluarga, jala angka parompuan pe di tonga tonga ni parkeluargaon ingkon do mampu patupahon holong ni roha di bagasan biar ni roha dohot untuk ni roha maradophon angka ama.

Alani marhite turpuk jamita ta on di paingot ma hita saluhutna, asa lam tapatarida ma Holong ni roha di tonga tonga ni keluarganta be. Ama dohot Ina naung manjalo pardongan saripeon, ingkon do gabe Sada songon Jesus Kristus na sada dohot Debata ama i. Jala pos do roha sian hasadaon ni roha i, ido na mangojar jala mangajari hita patupahon holong ni roha na sian Tuhan Debata tu angka ianakhonta be. Molo balga do holong ni roha di bereng angka ianakhon ta di tonga tonga ni keluarganta manang na di bagasta be, sintong Jesus Kristus i gabe panondang di tonga tonga ni keluarganta. Angka ianakhonta pe tontu gabe angka na marhabiran ma nasida maradophon Debata Jahowa nang songoni maradophon angka natua tuana.

Alani di pargogoi Tuhan Debata ma hita mangulahon pos ni Roha dohot holong ni roha di ngolunta ganup. Amen!.

 

 

Pdt. Ardianus Situmorang S.Th

 

 

 

 

                                                                   

Bahan Khotbah Markus 7 : 14 - 23 - Jamita Minggu XIV Dung Trinitatis

 

Jamita Minggu XIV Dung Trinitatis

Evangelium : Markus 7 : 14 - 23

Pengantar    : Di minggu XIV Dung Trinitatis sadari on, na gabe turpuk jamita di hita, ima taringot tu angka aturan manang na adat hajahudion maradophon angka pangajarion ni Jesus Kristus. Molo tapamanat do jamita di Minggu naung salpu, ro do angka bangso jahudi, siboto surat dohot Halak Parise manukhunhon tu Jesus, boasa di pangan angka sisean Nai roti ia so jolo marburi?. Saintongna ianggo halak Parise sai torus do mangalului hasalon maradophon Jesus Kristus, jala jumotjotan nama untangian nasida di angka poda ni oppuna si parjolo (adat jahudi) daripada tu angka Hata ni Jesus Kristus, jala namasa sahat tu nuaeng pe torop dope naung gabe Siihuthon Jesus Kristus alai sai jotjot dope untangian di angka poda naso marimpola. Jala torop dope hita na ramun di angka pangalaho, pingkiran nang rohanta.

                        Alani songon dia do asa gabe tau lomo ni roha ni Debata hita di ngolunta on. Jamita di ari sadari on paingothon tu hita marhite Thema ni Jamita ta namandok :Ta tangihon  jala taparate-atehon ma saluhut hata ni Debata

 

      Thema : Tatangihon jala  taparate-atehon ma saluhut hata ni Debata

1.     Asa unang gabe Ramun hita di adopan ni Debata

# Taringot tu haramunon (kenajisan) hombar tu adat ni hajahudion di totophon nasida do andorang so mangan nasida ingkon do jumolo marburi tanggan, jala molo pe tung manuhor angka sipanganon nasida sian onan ingkon do jumolo di uras nasida angka sipanganon i asa boi di allang nasida. Ido adat nasida jala na ingkon padalananon nasida do i. Sintong do sasintong na i molo di padalan nasida, lumobi ma tu angka kesehatan ingkon do jolo ias tangan asa tiopon na naeng sipanganon, jala ingkon do burion angka sipangnon andorang si dipangan. Alai molo tabereng do di turpuk jamita on di tentang Jesus do nasida bahwa, ndang apala angka poda si na ni aturhon ni jolma na umpenting sian poda ni Debata. Ndang poda na olo salpu i apala i na urringkot, jala di dok Jesus do ianggo taringot tu Haramunon “ndang apala angka sipanganon na masuk tu siubeon ta na mambahen hita ramun di adopan ni Debata” (Markus 7 : 14), alai molo so jaga hita di rohanta jala dang ture hita mamangke pingkiranta angka ido na gabe mambahen hita Ramun di adopan ni Debata (Markus 7 : 21). Ai sian pingkiran na kotor do tubu Dosa.

# Tajaga ma roha di bagasan hauneon, songon di Poda raja salomo (Amsal 4 : 23) didok do ingkon do jagaon roha ai sian ido mual ni saluhut angka na denggan.

# Tapaholang ma dirinta sian angka Pingkiran na Jahat isarana Parmainan, panangkoon, pamunuon, pangalangkupon, pangahution, hajahaton, pangansion, pargadombuson, panorgangon, panginsahion, ginjang dohot neang ni roha (Markus 7 : 21 – 22) ai angka ido na mambahen hita gabe Ramun/kotor di adopan ni Debata.

# Ndang Ramun hita di adopan ni Debata alani angka sipanganon (na masuk sian ruar tu bagasan siubeon ta) Markus 7 : 18, Alai molo so jaga hita di roha nang pingkiranta, gabe talehon dirinta on  di pangke sibolis i marhite roha nang pingkiranta ido na mambahen hita gabe jolma na Ramun/Pardosa di adopan ni Debata, alani unang taoloi Sibolis na manggunturi roha nang pingkirranta.

# Saluhut angka na ramun di adopan ni Debata ndang tau parsidohot di harajaon naung pinarade ni Debata

# Tajaga ma kualitas ni hadirion ta sebagai halak na porsea ai sian ganup angka na manjaga rohana do na paholanghon diri sian haramuonon (Markus 7 : 23)

 

 

 

 

2.     Asa gabe tau pasu pasu ngolunta siganup ari

# Asa gabe tau pasu pasu hita di ngolunta siganup ari, ingkon do tangi hita di hata ni Tuhan Debata, jala ingkon do taparate atehon manang na taulahon saluhut hata ni Debata asa tarpasu pasu hita jala gabe tau las ni roha ma nang di angka donganta jolma.

# Pohon yang baik akan berbuahkan buah yang baik dan yang sehat – Roha na denggan nasai torus di tuturi hata ni Debata sian ido ruar angka parbue na denggan ima angka Hata nauli na denggan laos songoni nang Holong (Lukas 6 : 45)

#  Alani asa ngolunta siganup ari gabe tau pasu pasu, jala asa holang hita sian haramunon maradophon Debata, ingkon do radot hita mangulahon Hata ni Debata jala ingkon tangi hita di panggora ni Tondi Porbadia, asa gabe tau pasu pasu ngolunta, ai holan di angka na radot jala na tangi do tu Hata ni Debata na mangantusi mangulahon saluhut angka na denggan. Amen.

 

Soal Soal Katekhisasi Gereja Lutheran

 

logo GKLI                           GEREJA KRISTEN LUTHER INDONESIA (GKLI)

      (INDONESIAN CHRISTIAN LUTHERAN CHURCH)

       Didirikan : 18 Mei 1965, Akte Notaris Nomor 30

        S. K. Dep. Agama RI : Dp/II//137,1967, Nomor 148 Tahun 1988 Tanggal, 2-7-1988

    BATU AJI – RESORT PJB BATU AJI

Jalan Katamso Taman Batu Aji indah II, Kel. Sagulung kota, Kec. Sagulung, Batam

UJIAN KATEKHISASI

Batu aji  Tgl. 24 Agustus  2024

 

Nama Lengkap    :

Tempat tgl Lahir :

 

Soal Ujian Katekhisasi

1.      Tanggal Berapakah GKLI berdiri di Indonesia?

2.      Tahun Berapa Reformasi yang dilakukan Martin Luther?, serta jelaskan apa yang anda ketahui tentang Martin Luther!

3.      Hal apa sajakah menurut kamu perbuatan zinah?

4.      Jelaskan Pengertian Baptisan Kudus!

5.      Apakah Baptisan Ulang itu dosa? Jelaskan!.

6.      10 Hukum taurat di rangkumkan menjadi dua bagian, coba jelaskan dengan benar

7.      Ada berapa bagian Doa Bapa Kami?, tuliskan dan jelaskan! 

8.      Ada berapa bagian Pengakuan Iman Rasuli?, tuliskan dan jelaskan! 

9.      Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang Allah Tritunggal!

10.  Kenapa bagi orang yang belum menerima pelayanan Sidi (malua) tidak di perbolehkan menerima tubuh dan darah Kristus (sakramen perjamuan Kudus) ? Jelaskan.

11.  Apakah pengertian dari Katekhisasasi? Dan kenapa Gereja harus melakukan Katekisasi Sidi?

12.  Tuliskan dan jelaskan Fungsi daripada Kathekismus Kecil Martin Luther yang anda ketahui!

13.  Pasal pertama Kesaksian Iman orang Kristen mengatakan bahwa “Aku percaya Kepada Allah Bapa yang mahakuasa khalik langit dan bumi”.percayakah kamu akan hal itu? Berikan alasan mu!

14.  Sebagai Pemuda atau Jemaat Lutheran. Apakah Allah mengkehendaki kita berpinda pindah Gereja?. Jelaskan. !

15.  Dari beberapa bagian materi Kathekisasi yang telah anda pejari, Tuliskan materi Kathekisasi yang paling menarik dan berkesan bagi anda!

 

 Hapalan yang di uji.

Untuk memperoleh nilai Kelulusan Katekisasi Sidi tahap I harus Hapal :

·       Doa Bapa kami

·       10 Hukum Taurat menurut urutan Lutheran

·       Pengakuan Iman Rasuli bahasa Batak/Indonesia

 

        Aturan perolehan nilai

1.      Kehadiran dan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran katekisasi selama 13x pertemuan.

2.      Hapalan Hukum taurat, Pengakuan Iman dan doa Bapa kami.

3.      Hasil dari ujian Akhir.

4.      Keaktifan dalam mengikuti Ibadah pemuda/i.

5.      Bagi yang sudah 8 x tidak ikut pertemuan Pembelajaran katekhisasi di anggap gugur.

      

 

                 

                         Penguji                                                                                   Diketahui oleh :

 

 

 

                     

       (Vic. Pdt. Iga Turnaway Purba, S.Th)                                    Pdt. Ardianus Situmorang S.Th)

 

Jawab

 

1.     18 Mei 1965

2.     Reformasi yang dilakukan martin Luther Tanggal 31 Oktober 1517

3.     Tidak hidup suci, tidak bersikap sopan dalam kata dan perbuatan,  (Menginginkan dan menghayalkan perbuatan yang tidak benar sudah termasuk dosa dan Zinah)

4.     Baptisan itu bukanlah air sematamata, melainkan air yang dilaksanakan menurut perintah Allah dan dihubungkan dengan Firman Allah. Baptisan memberikan keampunan dosa. Hidup orang telah yang telah dibaptis, harus melakukan pertobatan setiap hari.

5.     Berdosa, (Efesus 4: 5-6). Manusia berdosa saat melanggar perintah Allah

6.     1-4 bentuk kasih terhadap Allah, 5-10 bentuk kasih terhadap manusia

7.     Ada 7 (Dikuduskan lah nama-Mu), (Datanglah Kerajaan-Mu), (Jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di Sorga), (Berilah kami pada hari ini makanana kami yang secukupnya), (dan ampunilah akan kesalahan kami, seperti kami mengampuni orang yang bersalah kepada kami), (dan janganlah membawa kami kedalam pencobaan), (tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat).

8.     Ada 3 , 1. Aku Percaya Kepada Allah, Bapa Yang Mahakuasa, Pencipta Langit Dan Bumi. 2. Aku Percaya Kepada Yesus Kristus, Anak-Nya yang Tunggal Tuhan Kita, Yang Dikandung Dari Pada Roh Kudus, Lahir Dari Anak Dara Maria Yang Menderita Sengsara Di Bawah Pemerintahan Pontius Pilatus, Disalibkan, Mati Dan Dikuburkan, Turun Kedalam Kerajaan Maut, Dan Pada Hari Yang Ketiga Bangkit Pula Dari Antara Orang Mati, Naik ke sorga, duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang maha Kuasa, dan akan turun dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. 3. Aku percaya kepada Roh Kudus, Gereja Kristen yang kudus, persekutuan orang orang kudus, pengampunan dosa, kebangkitan daging dan hidup yang kekal, Amin.

9.     Allah Bapa, Anak, Dan Roh Kudus. 3 pribadi 1 hakikat. Allah Bapa tidak lebih besar daripada Anak, Anak tidak lebih besar daripada Roh Kudus, dan begitu sebaliknya.

10.  1 Kor 22:27-29, Harus memahami, mengetahui, dan mengimani Pengajaran

Tentang Allah dan Tubuh serta darah Kristus dengan benar.

11.  Kathekisasi, berasa dari bahasa Yunani yang berarti Kathekein, yang berarti

Mengajar, pengajaran, memberitahukan. Pentingnya kathekisasi untuk,

Memberikan sebuah pengajaran yang benar bagi peneguhan Iman seorang peserta Kathekisasi kepada Kristus.

12.  Fungsi Kathekismus kecil, untuk pengajaran kepada seorang anak tentang pengajaran Kristus yang murini. Dicetak berukuran kecil, supaya mudah untuk dibawa dan dibaca kemana saja

13.  Jawaban Pribadi

14.  Jawaban Pribadi

15.  Jawaban Pribadi

 

 

 

    

Kamis, 22 Agustus 2024

Jangan Menolak Juru selamat - Kisah para Rasul 7 : 17 - 22

Selamat pagi. 
Firman Tuhan untuk kita hari ini. 
Kisah Para Rasul 7 : 18
sampai bangkit seorang raja lain memerintah tanah Mesir, seorang yang tidak mengenal Yusuf.
Kisah Para Rasul 7 : 19
Raja itu mempergunakan tipu daya terhadap bangsa kita dan menganiaya nenek moyang kita serta menyuruh membuang bayi mereka, supaya bangsa kita itu jangan berkembang.
Kisah Para Rasul 7 : 20
Pada waktu itulah Musa lahir dan ia elok di mata Allah. Tiga bulan lamanya ia diasuh di rumah ayahnya.
Kisah Para Rasul 7 : 21
Lalu ia dibuang, tetapi puteri Firaun memungutnya dan menyuruh mengasuhnya seperti anaknya sendiri.
Kisah Para Rasul 7 : 22
Dan Musa dididik dalam segala hikmat orang Mesir, dan ia berkuasa dalam perkataan dan perbuatannya.

Saudara saudari, Setelah menyinggung tentang Abraham yang dipilih karena anugerah Allah dan Abraham meresponsnya dengan iman dan taat kepada perintah Allah, khotbah Stefanus beralih kepada Yusuf dan Musa.

Kedua tokoh ini sama-sama sebagai pembebas. Namun mereka ditolak oleh saudara-saudara mereka. Saudara-saudara Yusuf membenci dia karena dia anak kesayangan Yakub dan karena mimpinya yang seolah-olah "merendahkan" mereka, hingga mereka menjualnya ke Mesir sebagai budak. Namun dengan jalan demikian, Allah mempersiapkan Yusuf untuk menjadi pembebas keluarga besarnya ketika kelaparan melanda bumi. Mereka menolak Yusuf, tetapi Allah mempersiapkan dia untuk menjadi perdana menteri di Mesir. Dengan demikian, ia menjadi pemelihara hidup keluarga besar Yakub. Saudara-saudaranya akhirnya menerima dia dan pengampunannya atas kesalahan mereka.

Tuhan menggenapi janji-Nya kepada Abraham. Ada tujuh puluh lima orang yang datang ke Mesir, termasuk Yusuf dan anak cucunya. Lalu orang Israel terus bertambah banyak, walaupun mengalami penindasan yang berat. Firaun yang kemudian tidak mengenal Yusuf bahkan memberikan perintah untuk membunuh semua bayi laki-laki Israel yang baru lahir. Usahanya tidak berhasil, karena Allah menyelamatkan Musa, seperti Dia menyelamatkan Yesus dari tangan raja Herodes. Bahkan Allah memilih Musa sebagai pembebas umat Israel di mana Musa sendiri rela meninggalkan segala kenyamanan hidup karena ingin turut menderita sengsara dengan umatnya. Namun seperti halnya Yusuf, saudara-saudaranya juga mula-mula menolak dia, walau kemudian menerimanya.

Dengan menyinggung dua tokoh tersebut, Stefanus mau menyatakan bahwa dengan cara yang sama orang Yahudi pada zamannya juga telah memperlakukan Yesus dengan menolak dan membunuh Dia. Namun satu hari kelak mereka akan mengakui Dia (lihat Why. 1:7). Orang-orang di sekitar kita pun banyak yang masih menolak Kristus. Kita perlu berdoa agar Tuhan membuka mata iman kita hingga mereka mau menerima Tuhan Yesus.

Kiranya Kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara kita semua. Amin 🙏🙏a

Rabu, 21 Agustus 2024

Berlomba melakukan yang terbaik -Kisah pAra rasul 7 : 1 - 16

Selamat pagi 

Firman Tuhan Untuk kira hari ini. 
Kisah Para Rasul 7 : 2
Jawab Stefanus: "Hai saudara-saudara dan bapa-bapa, dengarkanlah! Allah yang Mahamulia telah menampakkan diri-Nya kepada bapa leluhur kita Abraham, ketika ia masih di Mesopotamia, sebelum ia menetap di Haran,
Kisah Para Rasul 7 : 3
dan berfirman kepadanya: Keluarlah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan pergilah ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu.
Kisah Para Rasul 7 : 4
Maka keluarlah ia dari negeri orang Kasdim, lalu menetap di Haran. Dan setelah ayahnya meninggal, Allah menyuruh dia pindah dari situ ke tanah ini, tempat kamu diam sekarang;
Kisah Para Rasul 7 : 5
dan di situ Allah tidak memberikan milik pusaka kepadanya, bahkan setapak tanahpun tidak, tetapi Ia berjanji akan memberikan tanah itu kepadanya menjadi kepunyaannya dan kepunyaan keturunannya, walaupun pada waktu itu ia tidak mempunyai anak.

Saudara saudari, Apa tujuan khotbah Stefanus dalam rangka membela dirinya terhadap tuduhan fitnah? Khotbah panjang itu pada intinya sedang membahas dua tema penting. Tema pertama, bahwa sepanjang sejarah umat Tuhan, Tuhan telah membangkitkan hamba-hamba-Nya untuk memimpin dan menyelamatkan Israel: Abraham (ayat 2-8), Yusuf (ayat 9-22), dan Musa (ayat 23-43). Namun Israel berulang kali menolak mereka bahkan melanggar firman-Nya. Tema kedua adalah bahwa mereka telah menerima kemah suci dan Bait Allah sebagai tempat ibadah mereka, tetapi mereka menyembah berhala dan menyalahgunakan tempat kudus Allah itu sebagai jaminan ke-hadiran dan berkat Allah (ayat 44-53). 

Anugerah Allah nyata ketika Tuhan memilih dan memanggil Abraham keluar dari negerinya yang masih menyembah berhala, untuk menjadi cikal bakal umat Allah yang menerima segala janji dan berkat-Nya. Janji itu luar biasa. Bukan kepada Abraham langsung, tetapi kepada keturunannya, yaitu umat Israel. Mereka akan memiliki tanah pusaka (ayat 5). Memang sebelum itu mereka akan mengalami dulu diperbudak oleh bangsa musuh, tetapi Tuhan menyelamatkan mereka. Sebagai tanda bahwa mereka adalah milik Tuhan, Abraham dan keturunannya diikatkan dengan perjanjian sunat. Sunat menjadi tanda keumatan Israel (ayat 8). 

Stefanus mulai dengan memaparkan anugerah Allah yang begitu besar. Anugerah tersebut harusnya direspons dengan syukur dan sukacita, disertai tekad untuk setia kepada Tuhan dan tidak berpaling kepada ilah-ilah bangsa lain. Kita yang hidup dalam era gereja, telah merasakan dan menikmati anugerah yang jauh lebih besar daripada tanah pusaka di muka bumi ini. Kita telah menerima pusaka kekal di surga oleh karya Kristus. Tentu respons yang seharusnya adalah kita setia mengikut Dia dan giat mengabarkan Injil keselamatan-Nya agar orang lain pun beroleh anugerah besar tersebut. Sudahkah kita menjalankan tugas dan panggilan tersebut dengan setia dan rajin?
Mari berlomba untuk melakukan yang terbaik 👍💯.. 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita semua. Amin

Selasa, 20 Agustus 2024

Mazmur 15 : 1 - 5 Siapakah yang boleh menumpang di kemah Allah? MAZMUR DAUD

Selamat pagi. 

Firman Tuhan untuk kita. 
Mazmur 15 : 1
Mazmur Daud. TUHAN, siapa yang boleh menumpang dalam kemah-Mu? Siapa yang boleh diam di gunung-Mu yang kudus?
Mazmur 15 : 2
Yaitu dia yang berlaku tidak bercela, yang melakukan apa yang adil dan yang mengatakan kebenaran dengan segenap hatinya,
Mazmur 15 : 3
yang tidak menyebarkan fitnah dengan lidahnya, yang tidak berbuat jahat terhadap temannya dan yang tidak menimpakan cela kepada tetangganya;
Mazmur 15 : 4
yang memandang hina orang yang tersingkir, tetapi memuliakan orang yang takut akan TUHAN; yang berpegang pada sumpah, walaupun rugi;
Mazmur 15 : 5
yang tidak meminjamkan uangnya dengan makan riba dan tidak menerima suap melawan orang yang tak bersalah. Siapa yang berlaku demikian, tidak akan goyah selama-lamanya.


Saudara saudari, Pemazmur bertanya kepada Tuhan: Siapakah yang boleh menumpang di kemah-Mu? Siapakah yang boleh diam di gunung-Mu yang kudus? Beberapa pertanyaan ini disampaikan pemazmur karena ia melihat betapa tercela dan bobroknya kehidupan umat Allah. Mereka melakukan perbuatan yang tidak adil, pembohong, menyebar fitnah, melakukan perbuatan keji terhadap teman, menimpakan celaka kepada tetangga, dan menindas orang lemah.

Kehidupan umat Allah tidak lagi mencerminkan perilaku yang penuh kebenaran Tuhan. Yang ditonjolkan oleh mereka adalah kehidupan yang penuh kehancuran. Karena itu pemazmur bertanya kepada Tuhan, "Siapakah yang boleh menumpang dikemah-Mu? Siapa yang boleh diam di gunung-Mu yang kudus?" 

Di sini pemazmur ingin menyadarkan umat Allah bahwa sudah saatnya mereka meminta pengampunan Allah, bertobat, dan mengubah perilaku serta perbuatan mereka. Sebab hanya orang yang berkenan di hadapan Allah yang layak menghampiri Allah dan tinggal bersama-sama dengan Allah di dalam hadirat-Nya. 

Pertanyaannya adalah seperti apakah orang yang berkenan di hadapan Allah itu?

Pemazmur mengatakan bahwa orang yang layak adalah mereka yang hidupnya tidak bercela, melakukan keadilan dan kebenaran (2). Mereka juga tidak berbuat jahat terhadap sesamanya (3), tidak memandang hina orang yang tersingkir (4), dan tidak mencari keuntungan diri sendiri (5). Umat Allah dipilih-Nya untuk dapat beribadah di gunung-Nya yang kudus. Tujuannya adalah untuk menjadi umat Allah yang hidup kudus dan berkenan di hadapan Allah. Hidup kudus dan berkenan di hadapan Allah tentu harus terwujud dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti apa seharusnya praktik hidup seorang umat Allah? 
Pertama, menghidupi keadilan dan kebenaran dengan sepenuh hati. Tentu, keadilan dan kebenaran ini bersumber dari Allah. Kita tidak hanya belajar tentang keadilan dan kebenaran Allah, tetapi juga mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. 
Kedua, mengasihi sesama. Praktiknya bisa dilakukan dengan berkata jujur, berbuat baik, tidak menghina orang lain, memuliakan orang yang takut akan Tuhan, dan tidak egois.

Orang yang berkenan di hadapan Allah adalah orang yang tidak hanya mengasihi Allah dan sesama lewat ucapan mulutnya, tetapi juga yang mempraktikkan kasih itu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, ia memiliki integritas diri sebagai umat Allah. Segala pikiran, perkataan, dan tindakannya selaras dengan kehendak Allah. Inilah kualitas umat Allah yang kudus. pemazmur mengatakan bahwa orang-orang seperti inilah yang akan teguh selama-lamanya.

Oleh karena itu, mari Jalankanlah integritas hidup sebagai umat Allah yang telah menerima anugerah keselamatan dengan tetap hidup kudus di hadapan Allah serta manusia. Itulah bukti kasih kita kepada Allah: melakukan kehendak-Nya dengan taat dan setia. 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita semua. 
Amin 🙏

Senin, 19 Agustus 2024

Jangan Takut untuk Menyatakan Kuasa Yesus Kristus - Kisah para Rasul 5 : 28 - 32

Selamat pagi... 


Firman Tuhan untuk kita. 
Kisah Para Rasul 5 : 28
katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."
Kisah Para Rasul 5 : 29
Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.
Kisah Para Rasul 5 : 30
Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh.
Kisah Para Rasul 5 : 32
Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia."

Saudara saudari, ketika Para rasul kembali ditangkap, namun Petrus tetap memiliki keberanian untuk memberitakan Yesus : "yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh" (ay. 27-32). Setelah melalui perdebatan yang sengit itu, para rasul "hanya" disesah dan kemudian dilepaskan disertai perintah untuk tidak memberitakan tentang Yesus lagi (33-40). Namun keadaan ini tidak membuat para rasul "jera" bahkan mereka bergembira karena telah dianggap layak untuk menderita bagi nama Yesus (41-42). Dengan istilah "semakin di babat semakin merambat" Atau Semakin ditekan semakin hebat.

 Pertumbuhan gereja mula-mula disertai dengan tekanan yang dialaminya dalam dua gelombang. Gelombang pertama, mereka dilarang untuk memberitakan Injil dan diberi peringatan, respons para rasul seperti yang sudah pernah kita lihat (4:23-31). Gelombang kedua, mereka menerima larangan dan menerima siksaan. Hasilnya mereka bersukacita dan berani menentang kekuasaan Sanhedrin demi ketaatannya kepada Allah. Tekanan, penganiayaan bahkan pembunuhan sekalipun terhadap Kristen tidak akan menghancurkan Gereja Tuhan. Sebaliknya hal-hal demikian akan makin menyucikan dan menumbuhkan Gereja Tuhan. Karena itu, janganlah takut untuk tetap berbuat baik, dan tetaplah kabarkan berita tentang Kristus melalui kehidupan kita setiap hari. 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara kita semua... Amin

theologi Lutheran

Acara Ibadah pemuda/i lutheran minggu XX setelah Trinitatis

  ACARA IBADAH REMAJA & PEMUDA/I GKLI Sabtu, 01 November 2025 1.       Bernyanyi dari Kidung Jemaat No. 15 : 1 – 3 (...

what about theologi luther ?