Kamis, 09 Oktober 2025

Allah memulihkan hidup kita - Mazmur 81

Allah memulihkan hidup kita
Firman Tuhan Untuk kita. 
Mazmur 81 : 2 
Bersorak-sorailah bagi Allah, kekuatan kita, bersorak-soraklah bagi Allah Yakub.
Mazmur 81 : 3
Angkatlah lagu, bunyikanlah rebana, kecapi yang merdu, diiringi gambus.
Mazmur 81 : 4
Tiuplah sangkakala pada bulan baru, pada bulan purnama, pada hari raya kita.
Mazmur 81 : 5
Sebab hal itu adalah suatu ketetapan bagi Israel, suatu hukum dari Allah Yakub.
Mazmur 81 : 9
Dengarlah hai umat-Ku, Aku hendak memberi peringatan kepadamu; hai Israel, jika engkau mau mendengarkan Aku!
Mazmur 81 : 10
Janganlah ada di antaramu allah lain, dan janganlah engkau menyembah kepada allah asing.
Mazmur 81 : 11
Akulah TUHAN, Allahmu, yang menuntun engkau keluar dari tanah Mesir: bukalah mulutmu lebar-lebar, maka Aku akan membuatnya penuh.
Mazmur 81 : 17
Tetapi umat-Ku akan Kuberi makan gandum yang terbaik dan dengan madu dari gunung batu Aku akan mengenyangkannya."

Saudara saudari, Mazmur ini adalah merupakan seruan bagi bangsa Israel untuk mendengar. Karena mendengar adalah dasar bagi bangsa Israel untuk masuk ke dalam ketetapan Allah dan syarat untuk dapat menghayati perjanjian antara Allah dengan mereka (ayat 6b-11). Sejarah perjanjian antara Allah dengan mereka diawali dengan perintah untuk mendengar (Ul. 6:4), tetapi di sepanjang sejarah kebebalan Israel secara berulang-ulang terjadi, mereka selalu melakukan penolakan untuk mendengar (ayat 12). Bagi bangsa Israel, menolak untuk mendengarkan Tuhan adalah sama dengan menolak kuasa Tuhan, dan itu berarti menolak keselamatan yang Tuhan berikan bagi mereka (ayat 13-17). 

Jikalau kita merenungkan perikop dalam renungan Mazmur ini, sesungguhnya pemazmur juga menunjukkan bukti kasih setia dari Tuhan yang tidak berkesudahan bagi mereka, Allah terus-menerus memanggil mereka untuk mendengar (ayat 9, 12, 14). Ini merupakan seruan keprihatinan Tuhan yang sangat mendesak untuk mereka. Tuhan tidak ingin umat-Nya terus- menerus berada dalam kesesatan karena menolak untuk mendengarkan Tuhan. Dia mengajak umat-Nya bergerak maju bersama-Nya menuju hidup yang baru (ayat 14-17). Maka, untuk beroleh pemulihan ini sesungguhnya yang sangat diperlukan adalah hanya ketaatan untuk mendengar dan melakukan kehendak kehendak-Nya. 

Hidup yang baru adalah buah dari pada pertobatan. Telinga yang mau mendengar akan berdampak pada pembaharuan sebab di dalam pendengaran akan FirmanNya, Roh kudus akan selalu bekerja untuk mengubahkan hati setiap orang sehingga beroleh sukacita untuk memujiNya (ayat 2-6a). 
Marilah kita selalu hidup di dalam pembaharuan oleh Iman yang menuntun kita ke dalam pertumbuhan iman yang hidip. Jangan lagi mau hidup dalam kekalahan dan kegagalan. Syukurilah bahwa Tuhan Yesus telah menang atas kuasa dosa. Dan bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya akan diberi kuasa untuk bertahan bahkan tetap setia dan taat pada firman-Nya, terlebih untuk menikmati anugerah anugerah pemberianNya yang baru tiap saat. Karna berkat bagi yang bergantung kepada Allah sang Pencipta tidak pernah terbatas. 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita semua. Amin 🙏

DIPAHEHE DEBATA DO ANGKA NA MATE - Jesaya 26 : 17 – 19 - JAMITA PASKAH PADUAHON 2026

 

JAMITA PASKAH PADUAHON

Nats : Jesaya 26 : 17 – 19

“DIPAHEHE DEBATA DO ANGKA NA MATE”

I.      PATUJOLO

Di sada Film na margoar Justice League, adong sahalak na margoar Lois Lane mandok songon on :

“Hagolapon na sasintongna ndang naso adong panondang, alai molo didok hagolapon ima sada pandohan na mangkirim ndang na ro anggo panondang i”. Dibagasan hagolapon, maol do ganup angka jolma marnida. Alai sai adong do na marpangkirimon ikkon marnida hatiuron i.

Remnant, horong na setia, sai adong do. Yesaya pasal 26 sasintongna bagian sian ende puji pujian dohot hamuliateon tu Debata Jahowa do i, jala pasal on boi tarbagi gabe tolu bagian. Bagian na parjolo (1-7) ende Hamuliateon tu Debata ni Israel na manongtong, na manguhumi jala patutoruhon ganup angka na paginjanghon rohana, alai na patimbohon ganup angka na mian di hasintongan. Ganup angka na mian dibagasan hasintongan ingkon masuk do marhite pintu i laho mandai denggan basa haluaon naung pinatupa ni Debata.

Bagian na paduahon (8-10) sipaingot taringot tu panguhuman ni Debata na pinaima ni ganup angka na mian di bagasan hasintongan. Di bagian on, di gombarhon do bahwa hasintongan ni Debata ingkon do di hatindanghon jala ganup angka na mian di bagasan hajahaton ingkon do uhumonNa.

Bagian na patoluhon (11-19) taringot tu pangkirimon haluaon di ganup angka na porsea dohot panguhuma di ganup angka parjahat. Pangkirioman on, digambarhon songon sada parompuan na paimahon hasosorang ni anakhonna mamboan sada las n iroha na balga. Jala marhite pangkiriman on tontu ingkon do di bagasan pos ni roha tu Debata. Di bagasan sitaonon sai adong dope na paimahon holong ni Debata songon na paimahon hatiuron di na golap. Turpuk on mambagabagahon taringot tu masa haheheon ni ganup angka na mate songoni nang haroro ni pembaharuan nang angka dame nasumurung sian Debata. Si Jesaya mambagabagahon di tingki harajaon di selatan, Yehuda, na marsitaonon ala ni kebobrokan sosial, politik, dohot spiritual, sarupa ma i songon na masa di harajaon utara na dihancurhon si Raja Asyur, Alani ro Nabi Yesaya mambagabagahon, di angka sitaonon na sian raja Asyur na gogo i na mangagohon Yehuda adong do asi ni roha ni Debata.

 

II.         HATORANGON NI TURPUK

Ayat 17

“songon parompuan na gabegabean, nunga jonok hasasangana mangae posoposona, mangangguhi ma ibana di habernitonna oi, laos songoni do hadadaon nami sian bohim ale Jahowa”

Ayat on manggombarhon sitaonon dohot hasusaan na tinaon ni ganup angka na porsea, digombarhon marhite sitaonon na tinaon ni sahalak parompuan di tingki na manubuhon dakdanakna.

Ayat 18

“Gabegabean do nang hami mangae poso poso do hami, hape hira alogo do na hutubuhon hami, ndang tarpatupa hami hatuaon di tano i, jala dung sahat hutubuhon hami isi ni portibi on”

Ayat 19

“Mangolu do ianggo angka na mate i, hehe do muse bangke ku. Ngot ma hamu jala marolop olop hamu angka isi ni orbuk? Ai nambur ni angka panondang do nambur mu, jala paruaron ni tano i muse angka naung mate”
On ma janji ni Debata taringot tu heheon ni ganup angka naung mate. Angka bangke bangke nasida ingkon hehe do, jaga ganup na mian digabasan “Abu” ingkon hehe muse jala marlas n iroha tu Debata.

“Embun Mu seperti Fajar” perubahan na manggombarhon huaso ni Debata na pangoluhon ganup angka naung mate.

Bumi akan “melahirkan orang orang matinya” na marlapatan ma i ianggo ngolu i ingkon mulak do muse tu ganup angka naung mate.

 

III.      SIPAHUSOR HUSORON

·         Pangkirimon di haluaon na sian Debata

Nang pe dibagasan sitaonon dohot panguhuman, alai si Yesaya mandok bahwa ganup angka na porsea ingkon do mandapot haluaon, jala adong do haheheon dohot dame nasumurng di angka naung mate.

·         Gogo laho mangalo dosa

Gombaron songon parompuan na paimahon hasosorang ni ianakhonna ingkon do mangae na hansit (17-18) manggombarhon sitaonon di angka na porsea laho mangomo haluaon dohot pemurnian sian gnaup angka dosa.

·         Pangkirimon di haheheon

Ayat 19 mambagabagahon taringot tu haheheon di angka na mate, ganup angka daging ni naung mate mulak gabe abu, jala ingkon hehe muse jala marlas ni roha sialani holong ni roha ni Debata.

·         Debata do parlinggoman ta

Pasal 26 on pasahathon bahwa Debata do partanobatoanta na mangontong, Ibana do parlinggomanta na sintong di tonga tonga ni hasusaan na sian portibi on, jala di Ibana do jumpang hita hasintongan.

·         Pesan utama

Yesaya 26:17-19 manggombarhon perubahan di hasusaan dohot sitaonon na ro tu ganup angka na porsea, mangihut marhite baga baga di haheheon ni angka na mate, perubahan, dohot dame na manontong na nilehon ni Debata. Songon ombun na torang na mangalehon hangoluan. Ganup hita naung mate ala ni dosa, dohot ala ni angka penolakan ta di hataNa sepatutna ingkon do hita ambolong tu api paruhuman i, alai marhite haheheon ni Jesus Kristus nunga talu be sorop ni hamatean i, jala gok ma pakkiromonta tu Debata ai nunga dapotan haluaon hita marhite na porsea tu Ibana. Amen !

 

 

 

Pdt. Jefron Lumban Batu, M.Si. Teol. (GKPI Resort Batam)


IPAHEHE DEBATA DO ANGKA NAUNG MATE - Markus 16 : 9 – 18

 

Khotbah Epistel

Nats : Markus 16 : 9 – 18

 

“DIPAHEHE DEBATA DO ANGKA NAUNG MATE”

 

                I.         PATUJOLO

Hata ni Debata marhite turpak on paingothon hita taringot tu tugas dohot panjoun ni Debata di ganup hita (AM), angka na porsea. Haluaon ndang di lehon holan tu sahalak jolma, alai tu ganup angka na di portibi on, alani ndang holan jolma na marlas ni roha jala na manghilala di haluaon marhite Tuhan Jesus Kristus, haluaon i diomo portibi on dohot ganup pangisina. Alani do Jesus pajongjonghon angka parbarita jala manuru asa borhat nasida marbarita nauli tu sandok na marhosa.

Molo tabereng do di na 4 Injil, ganup surat i manurathon taringot tu pengutusan.

Matius: mambahen ganup bangso gabe murid ni Jesus marhite pandidion dohot pangajarion laho mangulahon lomo ni roha ni Debata (Mat. 28:19-20), Yohanes, mangajarhon tairngot tu parmahanion, mamparmahani angka biru biru ni Debata (Yoh. 21:15-19), Lukas: gabe saksi ni Jesus Kristus dimulai ma i sian Jerusalem, Yudea, Samaria sahat tu ujung ni portibi on (Kis.1:8) jala marhite injil Markus di tekanhon bahwa injil tu ganup angka na marhosa (16:15). Kitab Matius, markus, Lukas dohot Yohanes mangajarhon bahwa tugas ni ganup angka na porsea ima mamaritahon taringot tu misi ni Debata di portibi on.

Marhite turpuk on, di lehon tu hita tugas laho mamaritahon haluaon “Injil” tu ganup jolma. On ma poda ni Tuhan Jesus tu ganup angka na porsea na tinorushon na sian tugas ni angka parbarita nauli. Ganup angka na porsea adong do tugas dohot tanggung jawabna laho mamaritahon asi ni roha ni Debata marhite Jesus Kristus. Nunga di lehon be tu hita haluaon i marhite hamamate dohot hahehon ni Jesus Kristus. Haluoan i di lehon tu sandok bangso, jala ndang holan tu ganup angka jolma alai dohot do tu sude angka nasa na marhosa. Pangajarion on, mandok Ia haluaon i menyeluruh. Ndang boi holan sada horong na lebih berhak mengklaim dirina manang na horongna dipalua. Di ganup angka jolma haluaon i adong holan di angka na porsea jala naung manjalo tanda “Materai” marhite pandidion na badia (Markus 16:16).

 

 

             II.         HATORANGAN NI TURPUK

1.      Yesus Pahothon angka siseanNa marhite Penampakan.

Dung hehe Jesus, na parjolo sahali diulahon Ibana menurut Injil Markus, dipataridahon Ibana do diriNa. Dipataridahon Jesus do diriNa tu si Maria Magdalena, Jala di baritahon si Maria Magdalena do taringot tu Jesus, alai ndang porsea angka sisean i. Dung i di pataridahon Jesus muse diriNa tu dua halak murid. Jala di baritahon siseanNai do na ni ida nai, alai ndang porsea angka siseanNai, dung i di pataridahon Jesus ma dirina tu angka siseanNai, ujungna porsea ma nasida.

Di turpuk on, adong do hubungan ni penampakan ni Jesus tu na patoguhon haporseaon di ganup angka na porsea. Peristiwa Yesus pataridahon diriNa tu angka murid muridNa gabe patoguhon haporseaon nasida na hurang posea. Sasintongna di antusi nasida do taringot tu Jesus alai hurang porsea nasida. Penampakan ni Jesus gabe sada hal na ringkot do i laho pahothon haporseaon na otik gabe haporseaon na togu, na hurang tangkas gabe tankas, jala na mabiar gabe barani. Yesus pataridahon diriNa tu angka siseanNa gabe dalan ni Debata laho pahothon panjouonNa di angka siseanNai.

Asing ni tanoman ni Jesus na kosong i, penampakan Yesus gabe bukti hasintongan bahwa na sintong do Jesus hehe sian hamatean i songon naung nidokNa hian tu angka siseanNai. Penampakan ni Jesus gabe paingothon jala patigorhon pargabuson ni angka halak Farisi na mandok dang sintong Jesus hehe, marhite na di suap nasida angka panjaga na di tanoman i asa mamaritahon angka na sala.

Marhite naung jongjong Jesus di tonga tonga ni angka sisean dohot angka natorop, pabotohon na sintong do Jesus hehe jala gabe pahothon haporseaon ni angka sisean songoni nang angka natorop. Yesus Kristus hehe songon naung nidokNa tu angka siseanNai.

 

2.      Taat kepada pengutusan Kristus

Dung pajumpa Jesus dohot angka siseanNai jala dipahot haporsesaon nasida. Di suru Jesus do nasida asa borhat laho mamaritahon taringot tu Jesus ima na nidokna Amanat Agung, Mamaritahon haluaon.

Tugas pengutusan manang na mamaritahon barita nauli dang holan tugas ni angka na manjalo tohonan i (Ordinasi), alai “Vocato Dei” (panjouon ni Debata) tu ganup angka na porsea tanpa terkecuali. Memang adong do Vocatio Special “panggilan Khusus tu angka na manjalo tahbisan manang na ordinasi” alai adong do Vocatio Generalis (panjouon secara umum) pamaritaon barita nauli di ganup angka na porsea marhite pangalaho dohot pambahenan na denggan, gabe sitiruon maradophon dongan. Jhon Calvin mandok “Panggilan Am” ganup angka na porsea marhite “Wordly Ascetism” (beraskese di dunia). Molo ganup angka biarawan beraskese di seminari mengkhusushon diri di angka pelayanan, alani ganup angka na porsea pe ingkon do melayani marhite angka parkarejoan dohot gabe tau tiruon di angka pardalanan ni ngolu na pataridahon sondang ni Debata. Ndang umbadia sahalak parjamita sian sahalak petugas kebersihan di joro ni Debata, alai ganup halak tarjou do asa pataridahon sondang ni Debata marhite angka ulaon na ganup. Vocatio Generalis on di dok si petrus do “Imamat Am” di ganup angka na porsea “1 Petrus 2:9”TB . Alai marga na pinillit do hamu, hamalimon na raja, bangso na badia, houm na ginomgomanNa, asa tung di baritahon hamu denggan ni haroahon ni Ibana, naung manjou hamu sian na holom tu hatiuronNa halongangan i.

Hata ni Debata paboahon haluaon ia ganup angka na porsea jala tardidi dapotan haluaon do. Markus 16:16 “Na porsea jala tarididi, dapotan haluaon, alai naso porsea i, hona uhum do”. On do tugas na ni lehon ni Debata tu ganup angka na porsea. Haluaon ingkon do sahat tu ganup angka jolma, marhite na manjadihon ganup angka jolma gabe biru biru ni Debata (Markus 28:19-29).

 

3.      Injil : Hal hidup segala makhluk

Hal na paling spesifik na pinasahat ni penginjil markus ima na paboahon bahwa Haluan i tu ganup angka na marhosa do. Marhite tugas on, ganup angka jolma ingkon do menyadari hubunganna dohot angka makhuk ciptaan na asing. Makhluk hidup ndang holan kepentingan ni jolma sambaing, alani ganup angka jolma ingkhon do parsidohot manjaga kelangsungan hidup ni nasa na mangolu.

Mamaritahon barita nauli tu sandok na mangolu, hak perlindungan dohot pangaramotion nang pardalanan ni ngolu ni sandok nasa na marhosa. Alani Gereja ingkon do jongjong laho dongan ni sandok angka na marhosa. Ganup jolma ingkon do menyadari bahwa makhluk hidup na asing berhak do laho manjalo ngolu na denggan, marhite naso parsidohot hita manegai Ekspolitasi alam alani kepentingan ni jolma sambing.

Hata ni Debata na paingothon tu sandok jolma toho ma i na gabe aturan ni Debata laho menjamin hak dohot kelangsungan hidup ni angka suan suanan, dorbia, dohot ekosistem alam. Suan suanan nang angka dorbia ingkon do manjalo hasonangon asa unang gabe mago. Molo saleleng on hita menganggap bahwa manghaholongi sae holan tu donganta jolma, kitab Markus mangajari hita (Mark. 16:15) ganup angka jolma ingkon manuanhon rasa persaudaraan dohot sandok ciptaan ni Debata. Pola pikir ni ganup angka jolma di gali marhite mandat ilahi dohot kesegambaran Allah, alani i marhite missi on, tasadari ma bahwa ganup hita jolma termasuk do sada sian ciptaan ni Debata. Sarupa do jolam dohot angka ciptaan na asing taringot tu haluaon. Di haluaoan :  suan suanan, binatang,  dohot angka ciptaan na asing berhak do mangomo di kelangsungan hidup na denggan. Angka pemikiran sisongon on, ringkot do asa di kembanghon laho mengktritisi angka tafsiran na mandatoris taringot tu hak pengelolaan ni ganup angka jolma di alam.

Songoni ma nang angka pangisi ni portibi on ingkon do di ramothon dohot di lestarihon. Hak hidup di sude angka na marhosa ringkot do jala sude angka na jinadihon ni Debata patut do marlas ni roha jala pasangaphon Debata. Mazmur 150:6 “Sude na marhosa ingkon mamuji Jahowa”.

 

4.      Melaksanakan Misi Agung dengan diperlengkapi dengan berbagai karunia.

Murid murid di pillit jala di ajari Yesus nang di perlengkapi marhite huaso nang tanda. Ganup nasida marhuaso laho pamalumhon, patupahon mujizat dohot palaohon sibolis (Mark.16:17-18).

Di udut na i muse di dok si apostel Paulus do bahwa ndang holan angka Rasul na di perlengkapi Debata, alai ganup angka na porsea di perlengkapi do marhite huaso nang godang ni parnotoan di angka ulaon. Silehon lehon ni Debata ima : Keahlian, Bakat, Talenta, dohot keterampilan. Ganup angka silehon lehon ni Debata, ta pangke ma i laho mamaritahon asi n iroha ni Debata (1. Kor 12:7-11).

 

          III.         PANGARIMPUNAN

Di angka na masa nuaeng, ganup angka silehon lehon ni Debata, kemampuan, dohot SDM na adong di hita sian asi ni roha ni Debata do i di lehon tu hita, alani tama ma tapakke i laho dalanta mamaritahon holong ni Debata di hita ganup angka jolma. Ganup angka na porsea ndang boi maradi jala merasa puas di dirina sandiri, gabe sijalo barita nauli i. Alani i, marhite pesta paskah on, ganup hita di suru asa tongotong hobas hita laho mamaritahon barita nauli, nang mangajari asa ganup angka jolam manjangkhon Jesus Kristus sipalua i.

Angka dongan na hinaholongan, selamat paskah ma di hita saluhutna, Haheheon ni Kristus Jesus patoguhon haporseaon ta tu haluaon na pinatupa ni Jesus Kristus. Pandidion nabadia naung tajalo i gabe sakramen ima na mangalehon asi ni roha ni Debata dibagasan haporseaon. Haporseaon i ingkon do ramotanta marhite parsaoran na denggan dohot ganup angka na porsea.

Haheheon ni Kristus Jesus paingothon hita, taringot tu misi agung, mamaritahon Barita nauli, parohon angka tanda tanda harajaon ni Debata dohot angka holong ni rohanta marhite sikap na menghargai hak hidup ni sude makhluk hidup.

Angka dongan na hinaholongan, Debata ma na mangaramoti hita dibagasan pasu pasu na marlipat ganda di ngolunta ganup. Amen !

 

 

Pdt. Jefron Lumban Batu, M.Si. Teol. (GKPI Resort Batam)


Allah akan membangkitakan orang orang mati - markus 16 : 9-18

 

Khotbah Partangiangan GKPI tahun 2026 "Paskah"

Nats : Markus 16 : 9-18

                                    “Allah akan membangkitakan orang orang mati”

I. Patujolo

Nats ini  mengingatkan kita akan tugas dan panggilan ‘am’ seluruh orang percaya. Keselamatan bukanlah milik manusia semata tetapi milik segalah mahkluk, manusia bukan satu-satunya mahkluk ciptaan yang merayakan dan meraskaan keselamatan di dalam Yesus Kristus, tetapi keselamatan itu milik dunia ini dan segala isinya. Untuk itulah Yesus memerintahkan murid-murid untuk memberitakan Injil ke segala mahkluk.

Jika kita perhatikan keempat kitab Injil, seluruhnya menuliskan pengutuskan.  Matius: menjadikan segala bangsa menjadi murid Yesus dengan membaptis dan mengajarkan mereka melakukan kehendak Allah (Mat 28:19-20), Yohanes: menekankan tugas pastoral, menggembalakan jemaat (Yoh 21:15-19), Lukas: menjadi saksi Kristus dimulai dari Yerusalem, Yudea, Samaria dan sampai ke ujung bumi (Kis 1:8) dan di dalam Markus ini menekankan Injil kw segala mahkluk (16:15). Keempat Inji ini sekaligus menekankan tugas orang percaya melakukan missi Allah di dunia ini.

Dalam Nats ini kita menerima amanat: memberitakan Injil  ke segala mahkluk. Ini merupakan amanat agung Tuhan Yesus kepada seluruh orang percaya yang diteruskan dari tugas rasuli. Orang percaya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyaksikan kasih karunia Allah yang dinyatakan di dalam diri Yesus Kristus. Tuhan telah memberikan keselamatan melalui kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Keselamatan itu universal, bukan hanya kepada umat manusia tetapi milik segala mahkluk. Pandangan ini menegaskan bahwa seluruh ciptaan memperoleh kasih karunia tanpa terkecuali. Pandangan ini juga menegaskan keselamatan itu holistik. Tak boleh ada satu kelompok sosial manapun yang lebih berhak mengklaim dirinya atau kamunitasnya yang diselamatkan. Bagi manusia keselamatan itu ada pada diri orang yang percaya dan dimateraikan melalui baptisan (Lih Markus 16:16)

 

II. Hatorangan ni turpuk

  1. Yesus meneguhkan murid melalui penampakan.

Setelah Yesus bangkit halmoertama yang dilakukannolehbYesus menurut Injil.Markus adalah menampakkan diri. Yesus menampakkan diri kepada Amaria Magdalena. Maria Magdalena memberitakan bahwa Yesus namun mereka tidak percaya kepada Pemberitaan Magdalena, kemudia Yesus menampakkan diri kepada kedua orang murid. Murid yang melihat penampakan Yesus memberitakan kebangkitan Yesus namun orang tidak percaya kemudian Yesus menampakkan diri dan akhirnya percaya.

Disini ada hubungan penampakan Yesus dengan peneguhan iman orang percaya. Peristiwa Yesus menampakkan diri kepada murid adalah penguatan kepada murid yang ragu-ragu. Sebenarnya menerka mengetahui tentang Yesus namun tak percaya terhadap Yesus. Penampakan Yesus kepada murid menjadi penting membimbing yang raguragu menjadi berpendirian yang kokoh, yang samarsamar menjadi jelas dan yang takut menjadi berani. Yesus menampakkan diri pada murid adalah bagian dari penguatan komitment awal mereka mengikut Yesus.

Selain kubur kosong, penampakan Yesus sekaligus juga membuktikan kebenaran bahwa Yesus bensr-benar bangkit seperti yang disampaikannya kepada murid-muridNya. Penampakan Yesus sekaligus membungkam kebohongan Farisi yang menyatakan bahwa Yesus tidak benar bangkit, mereka menyuap penjaga kubur dan memberitakan kebohongan. Dengan hadirnya Yesus dikalangan murid dan kepada orang banyak Yesus benar-benar bangkit dan meneguhkan iman murid dan orang percaya akan kebenaran. Yesus bangkit sebagaimana disampaikan kepada murid.

Kebangkitan Kristus di pesta Paskah ini kiranya meneguhkan iman percaya kita kepada Yesus Kristus.

  1. Taat kepada pengutusan Kristus

Setelah Yesus berjumpa dengan murid-murid dan meneguhkan mereka. Yesus mengutus murid-murid untuk melakukan amanat agung, yaitu memberitakan Injil.

Tugas pengutusan atau pemberitaan Injil bukanlah hanya para penerima tahbisan (ordinansi), tetapi “vocatio dei” (panggilan Allah) seluruh orang percaya tanpa terkecuali. Memang ada vocatio specialis (panggilan khusus bagi penerima tahbisan atau ordinansi)  namun ada juga vocatio generalis (panghilan umum)  Pemberitaan Injil bagi orang percaya dilakukan dengan sikap dan perbuatan yang terpuji, saluran berkat bagi banyak orang dan teladan bagi sekitarnya.  Jhon Calvin menyebut “panggilan am” orang percaya dengan “wordly ascetism”(beraskese di dunia). Jika para biarawan beraskese di seminare mengkhususkan diri dalam pelayanan, maka orang percaya melayani Tuhan melalui pekerjaan dan teladan hidupnya yang memancarkan kasih Allah. Tidak lebih mulia seorang rahib yang menjadi biarawan dari pada seorang coster dalam bait Allah, namun setiao orang dapat memancarkan kasih dan kemuliaan Allah lewat pekerjaan dan pengabdian masing-masing. Vocatio generalis ini disebutkan Petrus sebagai imamat am orang percaya 1 Petrus 2:9 (TB)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.

Injil memastikan keselamatan bahwa barang siapa yang percaya dan dibaptis beroleh hidup yang kekal. Markus 16:16 (TB)  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Ini adalah tugas yang harus diemban semua orang percaya. Keselamatan harus sampai kepada setiap orang, dengan menjadikan segala bangsa menjadi murid Kristus (Band Mat 28:19-29).

  1. Injil: Hak hidup segala mahkluk:

Hal yang spesifik disampaikan Injil.Markus adalah Injil keselamatan kepada segala makhluk.  Dengan tugas ini manusia harus menyadari relasi dirinya dengan makhluk ciptaan lainnya. Mahkluk hidup bukanlah obyek kepentingan manusia semata, tetap manusia harus bertanggung jawab memastikan kelangsungan hidup segala makhluk.

Memberitakan Injil ke segala mahkluk mewartakan hak hidup, hak perlindungan dan pemeliharaan dan kelangsungan hidup segala mahluk. Untuk itulah gereja sebenar harus hadir sebagai mitra sesama ciptaan. Manusia harus menyadari bahwa mahkluk hidup lainnya berhak memiliki kehidupan yang layak, tanpa merusak mereka dan mengeksploitasi alam untuk kepentingan manusia saja.

Pesan memberitakan Injil ke segala makhluk merupakan perintah untuk menjamin hak dan kelangsungan hidup tumbuhan dan hewan serta keseimbangan alam. Tanaman dan binatang harus memperoleh perlindungan agar jangan sampai musnah. Jika selama ini manusia menggangap mengasihi sesama adalah dalam arti kepada manusia, maka dalam missi yang termaktub di dalam Markus 16:15 manusia mesti menanamkan rasa persaudaraan terhadap sesama ciptaan. Mindset manusia sebagai makhkota ciptaan yang digali dari mandat ilahi dan kesegambaran Allah, maka dengan  missi ini sedikit kita rekonstruksi menjadi suatu kesadaran bahwa manusia adalah salah satu dari ciptaan itu. Manusia sejajar dengan ciptaan lainnya dalam keselamatan. Dalam keselamatan: tumbuh-tumbuhan, hewan dan ciptaan lainnya sama-sama berhak atas kelangsungan hidupnnya yang utuh. Pandangan seperti ini penting dikembangkan untuk mengkritisi dan menafsirkan arti mandatoris hak pengelolaan alam  yang dimiliki manusia terhadap alam.

Demikian dengan alam harus dipelihara dan dilestarikan. Hak hidup segala mahluk ini penting karwna segala mahluk dapat memjji dan memuliakan Tuhan. Mazmur 150:6 (TB)  Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya!

  1. Melaksanakan Missi Agung dengan diperlengkapi dengan berbagai karunia.

Rasul-rasul dipanggil dan dibimbing oleh Yesus Kristus dalengan memperlengkapi para murid dengan berbagai karunia dan tanda. Mereka memiliki kuasa untuk menyembuhkan, melakukan mujizat dan mengusir roh jahat (Baca Mark 16:17-18).

Dalam perlengkapan selanjutnya Paulus menjelaskan bukan hanya rasul yang diperlengkapi oleh Allah, tapi seluruh orang percaya diperlengkapi dengan berbagai karunia pada jemaat: karunia itu bisa berbagai skill, bakat, talent dan ketrampilan. Seluruh potensi yang ada pada kita pergunakan untuk mewartakan kasih karunia Tuhan. (Band 1 Kor 12:7-11).

III. Pangarimpunan

Dalam konteks kekinian, segala karunia, segala talenta, potensi diri dan SDM yang dimiliki oleh orang percaya adalah karunia Allah yang dimesti dipersembahkan untuk melaksanakan tugas Pemberitaan Injil. Orang percaya tidak boleh berhenti dan puas dengan imannya sebagai penerima Injil Keselamatan saja, tetapi oleh Paskah orang percaya diutus menjadi Pemberita Injil dan menyakinkan orang lain untuk menerima Yesus sebagai Yuruselamat.

Sahabat yang baik hati, selamat paskah bagi kita semua. Kebangkita Kristus meneguhkan kita semua percaya kepada keselamatan di dalam Yesus Kristus. Baptisan yang kita terima menjadi sakramen adalah

 

 anugerah Allah yang nyata yang kita terima melalui iman. Iman itu harus kita pelihara melalui pembinaan rohani kita didalam persekutuan orang percaya.

Kebangkitan Kristus mengingatkan kita akan Missi Agung, memberitakan Injil, menghadirkan tanda-tanda kerajaan Allah dan bersikap ramah lingkungan serta menghargai hak hidup segala makhluk.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

                                                         Pdt. Jefron Lumban batu, M.Si. Teol.   ( GKPI Resort Batam ) 

Kristus akan membangkitkan orang mati - Jesaya 26 : 17-19 - Jamita Paskah Paduahaon 2026 GKPI

 

Jamita Paskah Paduahaon

Nats : Jesaya  26 : 17-19

                                    “ Kristus akan membangkitkan orang mati”

1. Patujolo

Dalam film Justice League, Lois Lane berkata: "Kegelapan sejati bukanlah ketiadaan terang, tetapi sebuah keyakinan bahwa terang itu tidak akan datang kembali". Dalam masa-masa yang gelap, sulit sekali seseorang melihat terang. Tetapi ada beberapa orang tersisa yang tetap memiliki pengharapan kepada terang itu

Remnant, kaum sisa yang setia, masih ada. Yesaya pasal 26 adalah lagu atau pujian syukur dan doa permohonan kepada Allah. Pasal ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama (1-7) adalah pujian syukur kepada Allah Israel, yang adalah Gunung Batu Kekal, yang menjatuhkan dan merendahkan orang-orang yang meninggikan diri dan mengangkat orang yang benar. Orang-orang benar inilah yang akan masuk melalui pintu gerbang ke dalam kota dan menikmati keselamatan Allah

Bagian kedua (8-10) adalah refleksi terhadap penghakiman Allah yang dinantikan orang-orang benar. Bagian tersebut menggambarkan sebuah keadaan ketika keadilan Allah ditegakkan di bumi dan setiap kefasikan dipukul

Bagian ketiga (11-19) berbicara tentang permohonan keselamatan orang percaya dan penghukuman atas kefasikan. Permohonan ini digambarkan seperti wanita yang sedang berjuang dengan kesakitan menantikan kelahiran yang akan mendatangkan sukacita besar. Permohonan ini disertai keyakinan penuh kepada Allah. Pada masa sulit masih ada umat yang percaya dan menantikan datangnya keadilan Allah seperti orang yang menantikan terang. Teks ini juga menubuatkan masa kebangkitan orang mati dan pengharapan akan pemulihan serta damai sejahtera dari Tuhan.  Yesaya bernubuat pada masa ketika Kerajaan Selatan, Yehuda, juga mengalami kebobrokan sosial, politik, dan spiritual, mirip dengan apa yang terjadi pada Kerajaan Utara yang sudah dihancurkan oleh Asyur, maka ketika Nabi Yesaya bernubuat ternyata hidup di bawah ancaman ekspansi dari kerajaan Asyur yang kuat, yang mengancam eksistensi Yehuda.

II. Hatorangan ni turpuk

Ayat 17

"Seperti perempuan yang mengandung yang sudah dekat waktunya untuk melahirkan, menggeliat sakit, mengerang karena sakit beranak, demikianlah tadinya keadaan kami di hadapan-Mu, ya TUHAN." 

Ayat ini menggambarkan penderitaan dan kesakitan yang dialami umat Tuhan, dianalogikan dengan rasa sakit seorang wanita yang akan melahirkan.

Ayat 18

"Kami mengandung, kami menggeliat kesakitan, tetapi kami melahirkan anak. Kami tidak membawa keselamatan ke bumi, dan penduduk dunia tidak hidup kembali." 

Meskipun telah mengandung dan menderita, umat Tuhan belum berhasil membawa keselamatan ke bumi, dan orang-orang mati tidak dapat hidup kembali.

Ayat :19

"Tetapi orang-orang-Mu yang mati akan hidup kembali, ya TUHAN, mayat-mayat mereka akan bangkit; biarlah mereka yang diam dalam debu bangun dan bersorak-sorai; embun-Mu seperti embun fajar; bumi akan melahirkan orang-orang matinya."

Ini adalah janji Tuhan tentang kebangkitan orang mati. Mayat-mayat mereka akan bangkit, dan mereka yang "diam dalam debu" akan bangun dan bersorak-sorai. 

"Embun-Mu seperti embun fajar" adalah metafora yang menggambarkan bagaimana Tuhan akan menghidupkan umat-Nya yang mati. 

Bumi akan "melahirkan orang-orang matinya," yang artinya kehidupan akan kembali kepada mereka yang telah mati. 

 

III. Sipahusor husoron

·         Keyakinan akan Keselamatan Tuhan: 

Meski di tengah penderitaan dan penghakiman, Yesaya menegaskan bahwa umat Tuhan akan diselamatkan dan akan ada kebangkitan orang mati serta damai sejahtera dari Tuhan. 

·         Perjuangan Melawan Dosa: 

Gambaran perempuan hamil yang merintih kesakitan (ayat 17-18) melambangkan penderitaan umat dan pergolakan untuk mendapatkan keselamatan dan pemurnian dari dosa. 

·         Harapan Kebangkitan: 

Ayat 19 secara eksplisit menubuatkan kebangkitan orang mati, di mana orang-orang yang diam di dalam debu akan bangkit dan bersorak-sorai karena pertolongan Tuhan. 

·         Tuhan sebagai Tempat Perlindungan: 

Pasal 26 ini juga menekankan bahwa Tuhan adalah gunung batu yang kekal, tempat perlindungan yang aman di tengah kekacauan dunia dan tempat umat percaya dapat menemukan kepastian dan keamanan. 

·         Pesan Utama

Pada dasarnya, Yesaya 26:17-19 menggambarkan periode kesengsaraan dan penderitaan yang dialami umat Tuhan, diikuti dengan janji kebangkitan, pemulihan, dan damai sejahtera kekal yang akan diberikan oleh Tuhan sebagai "embun terang" yang melahirkan kembali kehidupan. Kita yang telah mati karena dosa dan pemberontakan kita  yang sepatutnya kita binasa tetapi dengan kebangkitan Kristus mengalahkan maut menjadi harapan bagi kita setiap orang yang percaya kepadaNya.   Amin


Senin, 06 Oktober 2025

Refleksi Khotbah Lukas 17 : 11 - 19

Kesadaran akan segala dosa kita di hadapan Allah sesungguhnya harus membuat kita rendah hati setiap kali kita mendekat kepada Kristus. Kita harus memohon belas kasihan Kristus, karena belas kasihan itu tak pernah gagal. Kita dapat menantikan Allah untuk menemui kita didalam belas kasihanNya, ketika kita ditemukan di jalan ketaatan. Yesus menyembuhkan 10 orang namun hanya satu dari mereka yang kembali untuk mengucap syukur. Dalam hidupnkita, sesungguhnya Baptisan Kudus telah menyembuhkan dan menyucikan kita dari dosa, di dalamNya kita beroleh pengampunan dan keselamatan, maka Sudah seharusnya kita datang dan berserah kepada Dia dengan penuh kerendahan hati dalam ucapan syukur, maupun dalam doa. 
Kristus memperhatikan orang yang membedakan dirinya dengan cara ini, Dia adalah orang Samaria. Yang lain hanya menerima kesembuhan lahiriah, hanya Dia yang menerima berkat rohani.

Minggu, 05 Oktober 2025

BERTAHAN dalam Penderitaan - Roma 8 : 18 - 31

Selamat pagi... ... 
Topick : BERTAHAN dalam Penderitaan - Roma 8 : 18 - 31

Firman Tuhan untuk kita. 
Roma 8 : 18
Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.
Roma 8 : 28
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Roma 8 : 29
Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Saudara saudari, hidup di di dalam dunia yang penuh dosa, sungguh menderita. Apalagi kita yang sudah dimerdekakan dari dosa. Setiap hari kita melihat perbuatan dosa bahkan kita juga ikut jatuh dalam dosa, memang, selama kita masih hidup di dunia ini, maka kita masih bisa tergelincir ikut-ikutan berdosa. Hal ini bukan berarti kita dapat hidup di dalam dosa, tetapi sesungguhnya disinilah pekerjaan Roh Kudus untuk menguatkan dan memampukan kita melawan keinginan dosa. Semakin iman dinyatakan maka kita juga semakin diarahkan untuk memalingkan diri dari segala bentuk kenikmatan daging. Yang terkadang, ketika kita meninggalkan segala bentuk keinginan daging, maka penderitaan semakin nyata, semakin kita hidup dalam Iman, maka goncangan Iman akan semakin kuat, bahkan dari sekeliling kita juga kemungkinan besar akan mengusik sebab dunia tidak mengkehendaki kebenaran. Lalu, apakah kita harus menyerah karna kesusahan - penderitaan itu ?. 

Saudara saudari, ketika Kristus membenarkan kita dalam diriNya lewat kematian dan kebangkitanNya, sesungguhnya kita bukan lagi milik dunia, maka tentu Dunia akan membenci kita walaupun kita masih tetap tinggal di dunia. Maka, sebagai orang percaya, FirmanNya berkata bahwa tidak ada Kuasa yang lebih besar daripada Kuasa Kristus, dan dunia telah di kalahkan oleh Kristus sendiri. Oleh itu, dapat disimpulkan bahwa penderitaan itu hanya sementara dan penderitaan itu tidak dapat mengalahkan setiap orang benar, sebab Kuasa dari pada Iman bekerja dalam diri setiap orang benar. 

Jadi, walaupun kita telah menjadi ahli waris Kerajaan Allah, kita tidak boleh menghindar dari kenyataan hidup, tetapi marilah kita menghadapinya dengan IMAN, Inilah pengajaran Santo Paulus. Seperti kita ketahui Paulus sendiri mengalami berbagai penderitaan justru setelah ia mengikut Tuhan. Kehidupan Kristen memang bukan seperti jalan mulus. Karna itu kita harus percaya bahwa penderitaan yang kita alami saat ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan Allah yang akan datang (ayat 18). Inilah pengharapan yang dapat membangkitkan iman dan sukacita kita. Karena tanpa pengharapan akan kemuliaan, betapa tragis kehidupan orang Kristen (1Kor. 15:19). 

Setiap orang percaya tentu hidup dipenuhi oleh karya Roh Kudus yang berdiam di dalam dirinya. Di tengah pergumulan dan penderitaan hidup, Roh Kudus akan menjadi jaminan berkat yang akan diterima oleh setiap anak-anak Allah. Roh Kudus adalah Roh yang memberikan pengharapan, sebab Roh akan menjamin kemuliaan kekal kelak yang tiap saat kita nantikan. Roh Kudus juga akan menjadi penolong saat kita lemah.
Contoh : 
1. Ketika kita tidak tahu apa yang harus kita doakan maka Roh menjadi Kudus akan menolong kita berdoa. Dia akan menjadi perantara kita dengan Bapa (ayat 26-27). 
2. Ketika kita tidak mampu dalam melewati penderitaan - pergumulan, maka Roh kudus akan memampukan dan menuntun kita untuk menyelesaikannya dengan penuh pengharapan di dalam Kristus. 

Selain itu Allah mengatur segala sesuatu bentuk kebaikan semakin nyata bagi orang yang mengasihi Dia. Jadi apa pun yang terjadi dalam hidup kita, meski kita anggap itu baik atau buruk, bukanlah sebuah insiden atau kebetulan yang terjadi begitu saja. Semua itu merupakan bagian dari karya Allah. Tak ada suatu peristiwa pun yang tidak dimaksudkan untuk berkontribusi bagi kebaikan kita dan kemuliaan Allah. Maka kita tidak boleh melihat peristiwa itu secara terpisah-pisah. Kita harus memandangnya sebagai satu kesatuan rangkaian rancangan Allah yang seolah bekerja sama untuk mencapai maksud Allah bagi kita. Lalu bagaimana kita tahu bahwa kesudahannya akan membawa kebaikan?

Saudara saudari, kita harus percaya bahwa Allah merancang yang terbaik dan niscaya akan melakukan yang terbaik pula bagi penggenapan rencana-Nya. 

Sungguh, Kesulitan dan penderitaan yang datang silih berganti tidak akan pernah dapat menghancurkan kita. Sebab, Tuhan menjanjikan kekuatan bagi yang lemah dan penghiburan di kala kita susah. Tetaplah Percaya akan janji-Nya dan berpengharapan penuh akan kuasa-Nya. 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita semua. Amin 🙏

theologi Lutheran

Acara Ibadah pemuda/i lutheran minggu XX setelah Trinitatis

  ACARA IBADAH REMAJA & PEMUDA/I GKLI Sabtu, 01 November 2025 1.       Bernyanyi dari Kidung Jemaat No. 15 : 1 – 3 (...

what about theologi luther ?