Selasa, 03 September 2024

Pertobatan Harus menunjuk kepada perobahan hidup - Kisah Para Rasul 8 : 14 - 28

Selamat pagi. 


Firman Allah Untuk kita. 
Kisah Para Rasul 8 : 22
Jadi bertobatlah dari kejahatanmu ini dan berdoalah kepada Tuhan, supaya Ia mengampuni niat hatimu ini;
Kisah Para Rasul 8 : 23
sebab kulihat, bahwa hatimu telah seperti empedu yang pahit dan terjerat dalam kejahatan."
Kisah Para Rasul 8 : 24
Jawab Simon: "Hendaklah kamu berdoa untuk aku kepada Tuhan, supaya kepadaku jangan kiranya terjadi segala apa yang telah kamu katakan itu."
Kisah Para Rasul 8 : 25
Setelah keduanya bersaksi dan memberitakan firman Tuhan, kembalilah mereka ke Yerusalem dan dalam perjalanannya itu mereka memberitakan Injil dalam banyak kampung di Samaria.

Saudara saudari, Kitab Kisah Para Rasul dapat pula kita sebut Kisah Karya Roh Kudus sebab pemeran utama kisah dalam kitab ini sebenarnya adalah Roh Kudus, bukan para rasul. Roh Kudus memakai para rasul untuk melaksanakan pekerjaan-Nya dan bukan sebaliknya. Para rasul tidak memakai Roh Kudus untuk mencapai tujuannya. Sangat disayangkan karena Simon, salah seorang petobat baru di Samaria, tidak memahami hal ini. Ia mengira, ia bisa membeli karunia Roh Kudus agar ia pun dapat melakukan mukjizat seperti para rasul. Dalam hal ini Simon sangat keliru dan tidak memahami tentang kuasa Allah. Walaupun Simon telah bertobat dan mengikut Filipus dalam pelayanannya, ia masih membawa manusia lamanya. Alkitab mencatat bahwa sebelum pertobatannya, Simon adalah seseorang yang merasa diri "SANGAT PENTING" (Kis. 8:9). Bahkan orang lain pun memandangnya dengan takjub dan memanggilnya, "Kuasa Besar" (Kis. 8:10), berhubung kekuatan sihir yang dimilikinya. Dengan kata lain, sebelum bertobat, Simon terbiasa menjadi pusat perhatian dan kekaguman orang di sekelilingnya. Sudah tentu setelah bertobat, Simon tidak lagi bisa dan tidak boleh bergaul dengan kuasa gelap dan itu berarti tamatlah riwayat sihirnya. Sekarang Simon tidak lagi "berkuasa" dan rupanya di sinilah letak persoalannya. Ia tidak terbiasa menjadi orang biasa dan tetap rindu menjadi orang besar sampai-sampai ia berani membayar para rasul untuk memberinya kuasa Roh Kudus. Namun Syukurlah, ia masih mau mendengar teguran Petrus yang keras itu. Sehingga dia sadar bahwa kuasa Allah ataupun Anugerah Allah sungguh tidak dapat di beli. 

Dalam perjalanan hidup kita, dari titik PERTOBATAN sampai berjumpa kembali dengan Kristus kelak, ini merupakan sebuah proses pengudusan yang panjang. Tuhan akan terus membentuk kita agar makin serupa dengan-Nya. Karena itu tetaplah bersabar dan berjuang di dalam proses terlebih paling utama tetaplah hidup di dalam Pertobatan setiap hari yang tetap teguh di dalam Firman-Nya yang Kudus. Dan jangan takut Allah selalu setia memelihara kita dalam Proses ini. 


Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus menolong dan memelihara hati kita semua. Amin

Senin, 02 September 2024

Togu ma Rohanta di bagasan Tuhan i - Jamita Partangiangan (Efesus 6 : 10 – 20)

 

Jamita Partangiangan
04 September 2024

Evangelium : Efesus 6 : 10 – 20


Patujolo : Angka dongan sahaporseaon, adong do hata na mandok “Hidup Ini adalah perjuangan”. Di turpuk jamita di borngin on, sasintongna on do na naeng dohonon ni Debata tu hita bahwa ganup angka na porsea di Tuhan Jesus Kristus, saleleng mangolu di portibi on ingkon do berjuang mangalo saluhut angka ihot ihot ni portibi on, manang na angka pangago na di portibi on ima harajaon ni sibolis. Molo tabereng do angka na masa di Film taringot tu angka parporangan, sude do angka penguasa manang na Raja paborhathon angka pasukanna be marhite angka senjata laho manaluhon angka alona nasida. Alani hita pe sasintongna di paborhat Debata do hita tu portibi on laho manaluhon haholomon i (harajaon ni sibolis) marhite angka senjata na pinarade ni Debata. Alani marhite jamita di borngin on di paingot Debata do hita asa :

Thema  : “Togu ma Rohanta di bagasan Tuhan i”

1.     Ai gogo do portibi on na laho pataluhon haporseaon ta

Molo marningot do hita di padan na robi, di tingki na madabu si Adam dohot si hawa tu bagasan dosa dison ma patar di paboa tu saluhut pangisi ni portibi on, bahwa margogo do sibolis mangarajai, mangela-ela angka pingkiran ni saluhut hita jolma, jala on ma namasa sahat tu nuaeng, ido umbahen asa torop hita jala si ganup tingki madabu tu bagasan dosa, siganup ari do saluhut jolma madabu tu bagasan dosa, godang na mangalehon dirina di pangke sibolis gabe mangula angka hajahaton, manghanciti roha, mangaleai, paroa roahon, marlate ni roha nang songoni ginjang ni roha, godang na mangalelei angka parbarita nauli, manundati manang na paporsuk porsuk hon angka na pauli uli bagas joro, jala na paroa roahon manang na palea leahon angka parbarita nauli, angka on ma ulaon ni sibolis di na masa sahat tu tingki on, jala na paling nyata di ngolunta on ima mambahen hita ndang marpos ni roha tu Debata (paholangkon hita sian Debata).

Jala sasintongna ia disi tapajonok dirinta tu Debata laos disi do jongjong sibolis i mangganggu roha nang pingkiranta na mambahen hita gabe hurang marpos ni roha tu Debata. Boi do tarasahon i, saleleng holang hita sian Debata olo do denggan-denggan sajo torus pardalanan ni ngolunta.alai dung tapajonok dirinta tu Debata disi ma olo gok masa angka parungkilan manang na tantangan. Tung mansai gogo do sibolis i sasintongna manggugai roha ni ganup angka na porsea, jala Jesus sandiri pe di unjuni sibolis do, alai ala di Jesus do saluhut huaso na sian Debata, talu do sibolis i dibahen Jesus Kristus. Jala sasintongna hita pe margogo do laho manaluhon huaso ni sibolis, margogo do hita manaluhon saluhut angka hisap hisap ni portibi on asal ma tongtong togu Rohanta  di bagasan Tuhan i songon thema ni jamita ta di borngin on na mandok “Togu ma rohanta dibagasan Tuhan i 

2.     Asa margogo hita manaluhon saluhut angka tahi ni sibolis.

Di na tabereng nuaeng angka namasa di portibi on, sasintongna ingkon do sude hita pajonokhon diri tu Debata, ai Debata sandiri do mandok ndang tarulahon hita saluhut angka na denggan ianggo so marhite hite Debata (Yoh.15:5-6). Mangulahon na denggan pe hita maol do ianggo so marhite hite holong na sian Debata, isarana mengmapuni angka musunta, manghaholongi angka dongan ta, manghaholongi saluhut pangisi ni bagasta lumobi ma manghaholongi Debata di bagasan pos ni roha, sada hal na borat situtu do i ulahononta molo so hot hita di hata ni Debata, lumobi ma muse laho manaluhon saluhut angka dosa manang na mangalo saluhut angka tahi ni sibolis na mambahen hita madabu tu dosa ndang tartaluhon hita i ianggo so marhite huaso dohot gogo na sian Debata. Di turpuk jamita borngin on di ayat 17 didok do asa sude hita manjangkon hata ni Debata ima na gabe tahulukta (Topi) dohot podang ta laho mangalo saluhuta angka tahi ni sibolis i. Jala songon na nidok ni angka na Porsea didok do bahwa “Tangiang do gogo ni angka na porsea” songon na nidok na di ayat 18 ai ingkon tangkas do tahaporseai jala ta antusi bahwa tangiang ido parhitean ta tu Debata laho mangido gogo dohot huaso sian Debata asa margogo hita manaluhon saluhut angka tahi ni sibolis, alani unang losok jala malas hita martangiang alai tongtong ma tagogohon manjouhon goar ni Tuhan Debata.

Alani angka dongan sahaporseaon, molo pe tung gogo sibolis i na sai tongtong manggugai roha nang pingkiranta lumobi ma haporseaonta, jala molo pe tung porsuk sitaononta di portibi on, ta ingot ma gomos bahwa portibi on nungga be talu di bahen huaso ni Debata marhite hite haheheon ni Jesus Kristus sian hamatean i (Yoh.16:33) na marlapatan ma i molo Debata do dongan ta jala tongtong hot rohanta di bagasan panoguion ni Debata, dang adong be alonta (Rom.8:31+39) jala tontong do donganion jala parsahalaion ni Debata hita mangalo saluhut angka tahi ni sibolis i marhite tondi porbadia. Di bahen i tajalo jala tapangke ma angka sinjata haluaon naung ni lehon ni Debata tu hita, asa margogo hita jala boi tataluhon saluhut tahi ni angka sibolis i. Asa di na di lehon Debata dope hosa hangoluaon i dihita tutu ma hita hot di bagasan roha na tigor maradophon Debata.

Di pasu pasu jala di pargogoi Tuhan Debata ma hita saluhutna. Amen.


Sukacita Penuh Oleh Karna Anugerah Allah - Kisah Para Rasul 8 : 4 - 13

Selamat pagi. 
Firman Allah untuk kita
Kisah Para Rasul 8 : 5
Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
Kisah Para Rasul 8 : 6
Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu.
Kisah Para Rasul 8 : 7
Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.
Kisah Para Rasul 8 : 8
Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.

Saudara saudari, Dari isi kitab Lukas, kita dapat menyimpulkan bahwa Simon (si tukang sihir) telah menjadi percaya melalui pelayanan Filipus (ayat 13). Anugerah panggilan Allah telah nyata berkarya melalui pemberitaan Firman oleh Filipus. Simon pun takjub melihat kuasa Allah yang dinyatakan melalui Filipus. Lalu terjadilah pertumbuhan Iman yang benar di Samaria: kuasa Allah nyata menikahi orang samaria dan pemberitaan Injil diterima dan kota itu sungguh bersukacita (ayat 8). 

Dalm perikop ini Petrus dan Yohanes, yang datang kemudian, menumpangkan tangan atas orang-orang Samaria agar mereka beroleh Roh Kudus (ayat 15-17). Melihat hal itu, Simon tertarik untuk memperoleh kuasa yang mereka miliki. Ia ingin bisa melakuan apa yang mereka lakukan. Ia malah bersedia membeli kuasa itu. Mungkin ini adalah Kesalahan dan sesuatu yang aneh, sebab Kuasa tidak dapat di beli itu hanyalah Anugerah Allah bagi orang benar. Namun kalau kita perhatikan latar belakang Simon, sebenarnya hal itu tidak mengejutkan. Sebab bisa saja sebelumnya ia harus mengeluarkan uang atau persembahan untuk belajar ilmu sihir. Jadi ia mengira bahwa ia perlu membayar kedua rasul agar dapat memiliki "ILMU AJAIB" itu. Masalahnya, ia tidak paham bahwa Iman dan sihir adalah dua dunia yang berbeda, bagaikan terang dan gelap. Maka teguran keraslah yang kemudian ia terima dari Petrus (ayat 20-23). Bagi Petrus, ini masalah serius. Permintaan Simon menunjukkan kesalahpahaman konsep Iman bahwa kuasa yang dimiliki para rasul untuk melayani adalah merupakan Anugerah Allah. Bukan dibeli dan sebaliknya, tidak dapat dibeli. Pertobatan Simon ternyata belum membersihkan konsep-konsep yang berlawanan dengan ajaran Kristen, seperti yang kita lihat pada saat ini banyak orang Kristen yang tidak memiliki Kualitas dan identitas yang sesungguhnya. Sama seperti Simon, Ia masih berpikir seperti ketika ia masih menjadi tukang sihir. 

Hal Ini menjadi pelajaran bagi Gereja dalam mengabarkan Injil. Perlu dengan jelas dipahami bahwa pertobatan seharusnya merupakan perubahan radikal. Bukan hanya tingkah laku, tetapi juga konsep dan pola pikir. Maka bila seluruh kebenaran Injil tidak dapat disampaikan dalam setiap Kebaktian secara sempurna, maka gereja atau pelayan harus tetap memberitakan Injil dengan benar, harus bertanggung jawab untuk mengupayakan tindak lanjut agar para petobat baru dapat dibina hingga Iman mereka bertumbuh. Sebab itulah bukti orang yang sungguh sungguh hidup dalam Anugerah Allah. Karena itu, marilah kita semua hidup di dalam tuntunan Roh Kudus yang kita terima dan hendaklah hidup menjadi terang dalam keluarga dan masyarakat... 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh kudus memelihara kita semua. Aminn 😊😊

Allah Maha Hadir - Jangan Membatasi Kehadiran Allah - Kisah Para Rasul 7 : 46- 51

Selamat pagi 

Firman Allah untuk kita. 
Kisah Para Rasul 7 : 46
Daud telah mendapat kasih karunia di hadapan Allah dan ia memohon, supaya ia diperkenankan untuk mendirikan suatu tempat kediaman bagi Allah Yakub.
Kisah Para Rasul 7 : 47
Tetapi Salomolah yang mendirikan sebuah rumah untuk Allah.
Kisah Para Rasul 7 : 51
Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.
Kisah Para Rasul 7 : 48
Tetapi Yang Mahatinggi tidak diam di dalam apa yang dibuat oleh tangan manusia, seperti yang dikatakan oleh nabi:
Kisah Para Rasul 7 : 49
Langit adalah takhta-Ku, dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku. Rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, demikian firman Tuhan, tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku?

Saudara saudari, Meski Allah sudah menyatakan diri kepada manusia, masih saja manusia berusaha mencari sesembahan lain. Namun Allah selalu berinisiatif menunjukkan cara bagaimana manusia dapat mendekat pada-Nya. Maka kemudian ada Kemah, tempat manusia dapat bertemu dengan Allah (44-45). Kemudian Salomo mendapat kesempatan untuk membuat sebuah tempat yang permanen bagi umat Allah untuk datang menemui Dia (46-47).

Namun harus dipahami bahwa Allah tidak dapat dibatasi oleh sesuatu yang dibuat oleh tangan manusia (48-50). Ia terlalu besar untuk ditempatkan dalam sebuah bait buatan tangan manusia. Karena itu jika manusia mengagungkan Bait Allah lebih daripada memuliakan Allah, bukankah itu merupakan penghujatan terhadap Allah, yang seharusnya disembah di bait itu? Di sisi lain, bila mereka memang mengagungkan Bait Allah, kenapa mereka menolak Allah dan orang-orang yang Dia utus? Ironis bukan? Lagi pula bukankah mengagungkan sesuatu buatan manusia sama dengan penyembahan berhala (bdk. Yes. 31:7)?

Umat Tuhan masa kini pun masih ada yang ingin membangun gedung megah dengan asumsi bahwa tanpa gedung megah kita tak dapat beribadah dengan baik. Untuk orang semacam itu, perkataan Stefanus memberikan sebuah perspektif. Ingat, kita menyembah Allah yang transenden. Ia tidak memerlukan gedung untuk menerima puji dan sembah. Di sisi lain, ada orang yang bukan mengagungkan gedung gereja, tetapi membatasi Tuhan dengan menganggap bahwa Ia hanya mungkin ditemui di suatu tempat, yaitu di gedung gereja. Ini bisa bermakna lain: bila Tuhan hanya berdiam di gedung gereja, berarti Ia tidak tinggal di dalam hidup kita. Akibatnya kehidupan Iman hanya nyata saat beribadah. Selepas dari ruang ibadah, mereka meninggalkan Tuhan dan iman tidak terlihat dalam hidup keseharian. Kita tentu tidak ingin menjadi orang semacam ini. Maka jangan batasi Tuhan di tempat-tempat tertentu saja. Biarkan Dia merajai hidup kita, terlebih merajai hati dan pikiran kita. 

Kiranya kasih Setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara dan menolong kita. Aminn

Sabtu, 31 Agustus 2024

Perlengkapan Rohani - Efesus 6 : 10 - 20

Selamat hari minggu.. 

Firman Allah Untuk kita
Efesus 6 : 10
Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.
Efesus 6 : 11
Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
Efesus 6 : 12
karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.
Efesus 6 : 14
Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan. 

Saudara saudari, Kita adalah milik Tuhan; Tuhan sudah menjadikan semua hal yang perlu agar kita suci seperti Kristus. Dalam perikop kita hari ini, Paulus mengingatkan bahwa ada kuasa-kuasa yang tidak kelihatan yang berusaha merusak kesatuan umat dan menyelewengkan kesucian umat. Pemerintah, penguasa dan roh jahat di udara (ayat 12); Roh-roh jahat ini sangat berkuasa dan licik penuh tipu muslihat dan manusia tidak mampu melawan mereka. 
Jadi apa yang harus diperbuat? 
Ada dua sikap ekstrim yang harus dihindari.
 
1. Terlalu memberi perhatian berlebihan terhadap roh-roh jahat sehingga mengabaikan kuasa Kristus. 
2. Mengabaikan kehadiran roh-roh jahat dalam dunia. 

Satu hal yang perlu kita sadari, Manusia lemah dan tidak mungkin menghadapi roh-roh. Karenanya orang percaya harus bergantung sepenuhnya pada kuasa Allah (ayat 10). Kuasa Allah telah diungkapkan melalui salib Kristus. Maut dan kuasa Iblis telah dikalahkan. Karena itu orang Kristen harus mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah (ayat 13). 

Dalam perikop ini, ada 6 jenis perlengkapan Rohani yaitu : kebenaran, pembenaran, berita Injil damai sejahtera, iman, keselamatan, dan firman Allah. Kebenaran adalah kebenaran isi Alkitab atau hidup kristiani yang benar (ayat 14). Baju zirah pembenaran adalah pulihnya relasi dengan Allah melalui Yesus yang melindungi orang percaya dari semua tuduhan iblis (ayat 14). Kerelaan memberitakan Injil damai sejahtera sangat dibenci iblis karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan manusia dari cengkeraman roh-roh jahat (ayat 15). Iman pada Allah berarti percaya pada janji Allah, akan melindungi kita dari serangan iblis berbentuk keraguan dan kebimbangan. Orang Kristen telah menerima keselamatan dari Allah dan sedang menanti sepenuhnya pada saat Yesus datang kedua kali; masa kini Allah menyelamatkannya dari semua serangan si jahat. Perlengkapan terakhir adalah firman Allah yang merupakan pedang Roh (ayat 17). Yesus melawan serangan iblis dengan firman Allah (Mat. 4:1-10). Kita tidak tahu kapan dan bagimana iblis menyerang. Itulah sebabnya kita harus siap sedia, dengan setiap hari menjadikan firman Allah santapan kita dan setiap hari kita wujudkan dalam hidup. 

Kiranya kasih setia Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus memelihara kita semua. 
Amin 🙏🙏🙏🙏

Jamita Minggu XIV Dung Trinitatis - Markus 7 : 14 - 23 Tatangihon jala taparate-atehon ma saluhut hata ni Debata

 

Jamita Minggu XIV Dung Trinitatis


Evangelium  : Markus 7 : 14 - 23

Pengantar    : Di minggu XIV Dung Trinitatis sadari on, na gabe turpuk jamita di hita, ima taringot tu angka aturan manang na adat hajahudion maradophon angka pangajarion ni Jesus Kristus. Molo tapamanat do jamita di Minggu naung salpu, ro do angka bangso jahudi, siboto surat dohot Halak Parise manukhunhon tu Jesus, boasa di pangan angka sisean Nai roti ia so jolo marburi?. Saintongna ianggo halak Parise sai torus do mangalului hasalon maradophon Jesus Kristus, jala jumotjotan nama untangian nasida di angka poda ni oppuna si parjolo (adat jahudi) daripada tu angka Hata ni Jesus Kristus, jala namasa sahat tu nuaeng pe torop dope naung gabe Siihuthon Jesus Kristus alai sai jotjot dope untangian di angka poda naso marimpola. Jala torop dope hita na ramun di angka pangalaho, pingkiran nang rohanta.

                        Alani songon dia do asa gabe tau lomo ni roha ni Debata hita di ngolunta on. Jamita di ari sadari on paingothon tu hita marhite Thema ni Jamita ta namandok :Ta tangihon  jala taparate-atehon ma saluhut hata ni Debata

      Thema : Tatangihon jala  taparate-atehon ma saluhut hata ni Debata

1.     Asa unang gabe Ramun hita di adopan ni Debata

# Taringot tu haramunon (kenajisan) hombar tu adat ni hajahudion di totophon nasida do andorang so mangan nasida ingkon do jumolo marburi tanggan, jala molo pe tung manuhor angka sipanganon nasida sian onan ingkon do jumolo di uras nasida angka sipanganon i asa boi di allang nasida. Ido adat nasida jala na ingkon padalananon nasida do i. Sintong do sasintong na i molo di padalan nasida, lumobi ma tu angka kesehatan ingkon do jolo ias tangan asa tiopon na naeng sipanganon, jala ingkon do burion angka sipangnon andorang si dipangan. Alai molo tabereng do di turpuk jamita on di tentang Jesus do nasida bahwa, ndang apala angka poda si na ni aturhon ni jolma na umpenting sian poda ni Debata. Ndang poda na olo salpu i apala i na urringkot, jala di dok Jesus do ianggo taringot tu Haramunon “ndang apala angka sipanganon na masuk tu siubeon ta na mambahen hita ramun di adopan ni Debata” (Markus 7 : 14), alai molo so jaga hita di rohanta jala dang ture hita mamangke pingkiranta angka ido na gabe mambahen hita Ramun di adopan ni Debata (Markus 7 : 21). Ai sian pingkiran na kotor do tubu Dosa.

# Tajaga ma roha di bagasan hauneon, songon di Poda raja salomo (Amsal 4 : 23) didok do ingkon do jagaon roha ai sian ido mual ni saluhut angka na denggan.

# Tapaholang ma dirinta sian angka Pingkiran na Jahat isarana Parmainan, panangkoon, pamunuon, pangalangkupon, pangahution, hajahaton, pangansion, pargadombuson, panorgangon, panginsahion, ginjang dohot neang ni roha (Markus 7 : 21 – 22) ai angka ido na mambahen hita gabe Ramun/kotor di adopan ni Debata.

# Ndang Ramun hita di adopan ni Debata alani angka sipanganon (na masuk sian ruar tu bagasan siubeon ta) Markus 7 : 18, Alai molo so jaga hita di roha nang pingkiranta, gabe talehon dirinta on  di pangke sibolis i marhite roha nang pingkiranta ido na mambahen hita gabe jolma na Ramun/Pardosa di adopan ni Debata, alani unang taoloi Sibolis na manggunturi roha nang pingkirranta.

# Saluhut angka na ramun di adopan ni Debata ndang tau parsidohot di harajaon naung pinarade ni Debata

# Tajaga ma kualitas ni hadirion ta sebagai halak na porsea ai sian ganup angka na manjaga rohana do na paholanghon diri sian haramuonon (Markus 7 : 23)

2.     Asa gabe tau pasu pasu ngolunta siganup ari

# Asa gabe tau pasu pasu hita di ngolunta siganup ari, ingkon do tangi hita di hata ni Tuhan Debata, jala ingkon do taparate atehon manang na taulahon saluhut hata ni Debata asa tarpasu pasu hita jala gabe tau las ni roha ma nang di angka donganta jolma.

# Pohon yang baik akan berbuahkan buah yang baik dan yang sehat – Roha na denggan nasai torus di tuturi hata ni Debata sian ido ruar angka parbue na denggan ima angka Hata nauli na denggan laos songoni nang Holong (Lukas 6 : 45)

#  Alani asa ngolunta siganup ari gabe tau pasu pasu, jala asa holang hita sian haramunon maradophon Debata, ingkon do radot hita mangulahon Hata ni Debata jala ingkon tangi hita di panggora ni Tondi Porbadia, asa gabe tau pasu pasu ngolunta, ai holan di angka na radot jala na tangi do tu Hata ni Debata na mangantusi mangulahon saluhut angka na denggan. Amen.

 

ACARA PENDALAMAN ALKITAB PEMUDA GKLI Kisah Para Rasul 16 : 25 - 34 Thema : Berkat dan Kuasa Untuk Bertumbuh

 

ACARA PENDALAMAN ALKITAB PEMUDA GKLI

31/Agustus/2024


1.     Bernyanyi dari Kidung Jemaat No. 18 : 1 – 3 (Allah hadir bagi kita)

1. Allah hadir bagi kita dan hendak memb'ri berkat,
    melimpahkan kuasa RohNya bagai hujan yang lebat.

      Reff :  Dengan Roh Kudus, ya Tuhan, umatMu berkatilah!
                 Baharui hati kami; o, curahkan kurnia.

2. Allah hadir, sungguh hadir di jemaatNya yang kudus;
    oleh kasih-kurniaNya biar kita ditebus.

        Reff :

3. Allah hadir! O, percaya dan berdoa padaNya
    agar kita dikobarkan oleh nyala kasihnya.

        Reff :

2.     Doa Pembuka

      Bapa kami yang di sorga, pada malam hari ini, kami para anak anak Mu yang telah Engkau tebus melalui darah Mu yang kudus itu. Kini kami datang merendahkan hati di hadapan_Mu. Kiranya berilah kami kekutan, hadirlah Engkau dalam hati kami, ajarlah kami akan Firman Mu dan ingatkan kami melalui kuasa Roh Kudus Mu agar kiranya kami menjadi pemuda pemudi yang hidup di dalam kebenaran Firma_Mu. Pada saat ini juga kami teringat dengan kedua orang tua kami, dan juga saudara sadudari kami, berkatilah mereka Tuhan, berikan umur yang panjang dan kesehatan bagi orang tua kami, dan kami juga berdoa unntuk malam hari ini, berkati kami semua yang telah hadir di tempat ini, jangan biarkan pikiran kami menjauh dari pada_Mu. Begitu juga Tuhan Ibadah kami besok, ingatkan kami dan semua jemaat_Mu agar kami dapat bersama sama hadir di tempat ini, untuk menerima kehadiran Mu melayani kami akan keampunan dosa kami dan menerangi hati kami. Demikian juga dengan dosa dosa kami, Tuhan kami adalah orang orang yang hina di hadapanMu, ampunilah kami akan dosa kami itu, dan kuatkan kami agar kami dapat hidup di dalam pertobatan yang benar. Dalam nama Bapa, Putera dan Roh kudus. Amin

3. Bernyanyi dari Kidung Jemaat No. 457 : 1 – 3 “Ya Tuhan Tiap Jam”

1. Ya Tuhan, tiap jam 'ku memerlukanMu,
    Engkaulah yang memb'ri sejahtera penuh.

           Reff: Setiap jam, ya Tuhan, Dikau kuperlukan;
                    'ku datang, Jurus'lamat, berkatilah!

2. Ya Tuhan, tiap jam dampingi hambaMu;
     jikalau Kau dekat, enyah penggodaku.

           Reff:

3. Ya Tuhan, tiap jam, di suka-dukaku,
    jikalau Tuhan jauh, percuma hidupku.

           Reff:

4. Renungan Kisah Para Rasul 16 : 25 - 34

Thema : Berkat dan Kuasa Untuk Bertumbuh   (Baptisan Kudus)    (Buku panduan Halamaan 132-133)

Tujuan : Supaya Anak Remaja dan pemuda/i percaya bahwa :

1.              Melalui Baptisan Allah mengampuni kita

2.              Melalui Baptisan Allah melepaskan kita dari kematian dan iblis

3.              Melalui Baptisan Allah memberikan kita kehidupan kekal.

Ayat Hapalan : Baptisan bagian kedua : Kolose 2 : 12 - 13

“Doa Syafaat oleh pengkotbah”

5.     Bernyanyi dari Kidung Jemaat No. 376 : 1 – 3 (Ikut di kau saja Tuhan)

1. Ikut dikau saja, Tuhan, jalan damai bagiku;
Aku s'lamat dan sentosa hanya oleh darahMu

             Reff: A ku ingin ikut Dikau dan mengabdi padaMu:
                 Dalam Dikau, Jurus'lamat, 'ku bahagia penuh!

2. Ikut Dikau di sengsara, kar'na janjiMu teguh:
atas kuasa kegelapan 'ku menang bersamaMu.

            Reff:

3. Ikut dan menyangkal diri, aku buang yang fana,
hanya turut kehendakMu dan padaMu berserah.

            Reff:

6Doa Penutup “Doa Bapa Kami”.

7. Latihan Koor

theologi Lutheran

Acara Ibadah pemuda/i lutheran minggu XX setelah Trinitatis

  ACARA IBADAH REMAJA & PEMUDA/I GKLI Sabtu, 01 November 2025 1.       Bernyanyi dari Kidung Jemaat No. 15 : 1 – 3 (...

what about theologi luther ?